Bhintan Shalawat

Jalan Rusak Viral di Medsos, Kadin PU PR Janji Segera Diperbaiki

BATURAJA,koranindonesia.Id- Kerusakan jalan kabupaten di Ogan Komering Ulu beberapa hari belakangan sempat viral di media sosial, kaum milenial yang muak dengan kerusakan itu menyampaikan pesan melalui berbagai cara seperti melalui foto seorang gadis remaja mandi lumpur di titik jalan berlumpur.

Menanggapi foto yang sempat viral itu, Kepala Dinas  PU PR OKU, Helman, Rabu (27/2/2018) membenarkan jika lokasi tersebut mengalami kerusakan. Jalan tersebut rencananya akan diperbaiki tahun 2019 ini.

“Perbaikannya secara bertahap, kita dapat dana aspirasi. Dana itulah akan digunakan untuk perbaikan jalan rusak. Berapa panjangnya jalan yang akan diperbaiki kita belum tahu,” kata Helman.

Disamping itu Helman menjelaskan, kerusakan jalan tersebut dampak dari tingginya curah belakangan. Sementara kiri kanan jalan tidak memiliki saluran air. Sehingga air menggenangi badan jalan.

“Kiri kananya kebun warga tidak ada pembuangan air, sehingga air hujan menggenang badan jalan. Inilah salah satu penyebab rusaknya jalan,” kata Helman seraya menambahkan  di wilayah tersebut banyak kendaraan bertonase besar melintas seperti angkutan karet.

Untuk penganggaran menggunakan APBD kata Dia, pastinya ada. Tapi yang jelas realisasinya melihat skala prioritas pembangunan. Lagi pula untuk pembangunan atau perbaikan tidak bisa spontan, harus ada proses. Misalnya setelah penganggaran atau sebelum pembangunan harus dilakukan lelang terbuka terlebih dahulu. Setelah itu baru bisa dilakukan pembangunan.

“Jalan rusak akan diperbaiki. Sekali lagi memang butuh waktu karena ada proses yang harus dilalui dalam menggunakan anggaran,” katanya.

Helman menjelaskan, ada lebih kurang 1.031 kilometer (KM) jalan rusak tersebar di wilayah OKU. Mulai dari kerusakan ringan sampai dan kerusakan sedang.

“Disamping itu ada 70 persen jalan di OKU yang mantap atau bagus. Untuk perbaikan jalan rusak sekarang ini masih dalam proses,” ucapnya.(tin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.