Banner sumsel

Jalan Provinsi Rusak Sebabkan Macet, Dodi : Instruksikan Dinas PU Segera Tanggap Darurat

SEKAYU, koranindonesia.id – Curah hujan yang cukup tinggi beberapa hari belakangan menyebabkan ruas jalan provinsi di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatra Selatan (Sumsel), tepatnya di Km 8 Seberang Jembatan Musi Jalan Soak Baru-Plakat Tinggi rusak parah, Selasa (12/2/2019).

Tak hanya itu, akibat kerusakan jalan tersebut menyebabkan macet yang cukup panjang dan membuat kendaraan roda empat terpaksa harus antri untuk melintas, bahkan ada truk angkutan barang yang terbalik di lokasi saat itu, membuat kondisi jalanan tersebut kian parah.

Banyaknya laporan warga pengguna jalan melalui pesan singkat yang diterima Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin, meminta Pemkab Muba untuk segera bertindak, langsung di respon Bupati yang berjanji akan segera memperbaiki untuk sementara jalan provinsi tersebut. “Hari ini juga saya perintahkan Dinas PUPR Muba untuk menindaklanjuti, dan langsung melakukan tanggap darurat, agar jalan tersebut dapat segera kembali dilalui,” ujar Dodi Reza Alex, dalam pesan singkatnya yang diterima warga pelapor.

Pelapor ini sendiri bernama Taufik, warga Sungai Keruh, Muba, yang merupakan salah satu pengguna jalan setiap hari, ia bercerita dan melaporkan, serta berharap agar Bupati Muba, untuk langsung mengambil alih saja perbaikan darurat  jalan provinsi tersebut. Sementara itu, pantauan di lokasi tampak petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) Muba berjibaku mengatur kendaraan yang melintas, dan warga setempat juga melakukan gotong-royong menimbun jalan yang rusak, untuk mengantisipasi kendaraan yang melintas, agar tak terjebak masuk ke lubang jalan yang menganga.

(FOTO/HUMAS PEMKAB)

“Macet akibat jalan rusak ini sudah terjadi dua hari belakangan ini pak, macet ini karena kendaraan yang melintas harus ekstra hati-hati membawa mobil, sebab kalau tidak pelan bisa terjebak dalam lubang yang besar dan tergenang air,” ungkap Tohiriyanto (48) warga setempat.

Ditambahkannya, macet tersebut biasanya terjadi mulai pukul 09.00 WIB dan sejak beberapa hari ini dibantu petugas Dishub Muba yang mengatur lalu lintas. “Kami juga warga disini gotong-royong menimbun jalan dengan alat seadanya, kami mohon pak Gubernur segera tindaklanjuti jalan provinsi yang rusak semakin bertambah parah ini,” keluhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Muba Pathi Ridwan mengatakan, pihaknya ketika mendapatkan laporan dari masyarakat langsung turun ke lokasi untuk mengatur lalu lintas yang macet panjang akibat jalan provinsi yang rusak parah tersebut. “Ya, meski ini status jalannya milik Provinsi tetapi kemacetan sudah mengular sangat panjang, makanya menurunkan petugas dari Dishub Muba untuk turut mengatur lalin segera, untuk mengurai kemacetan,” tuturnya.

Terpisah, Plt Kepala Dinas PUPR Muba Herman Mayori mengatakan, pihaknya akan melakukan penimbunan sementara di titik-titik kerusakan jalan yang parah. “Hari ini juga kami akan melakukan perbaikan dan penimbunan di beberapa titik kerusakan jalan provinsi, ini kali ketiga Dinas PUPR Muba berdasarkan arahan pak Bupati Muba Dodi Reza untuk memperbaiki ruas jalan tersebut, setelah sebelumnya juga dilakukan penimbunan yang materialnya dibantu beberapa perusahaan perkebunan di sepanjang ruas jalan tersebut,” ungkap Herman Mayori.

Ia berharap, agar kiranya pihak Pemprov Sumsel segera melakukan perbaikan jalan tersebut agar tidak menimbulkan korban jiwa dan kemacetan sepanjang hari. “PUPR Muba hanya membantu melakukan penimbunan di titik yang terparah saja, mengingat dana untuk perbaikan di jalan Provinsi tidak ada, karena. Kewenangan Provinsi, tetapi demi kelancaran pengguna jalan provinsi diwilayah Musi Bangun akan kami timbun segera hari ini sesuai arahan Bapak Bupati,” pungkasnya.

(rel)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.