Banner sumsel

Jaksa Tunggu Penyidik Hadirkan Lima Komisioner KPU Sampai Besok, Jika Tidak…

PALEMBANG, Koranindonesia.id – Tim Jaksa Gakkumdu Kejaksaan Negeri Palembang masih memberikan kesempatan kepada penyidik Polresta Palembang untuk menghadirkan tersangka kasus dugaan pelanggaran pemilu dalam hal ini lima Komisioner KPU.

“Masih kita tunggu kedatangan tersangka sampai jam 10.00 besok, tapi walaupun tetap tidak hadir, tahap dua dari penyidik tetap kita terima dan selanjutnya segera kita limpahkan ke Pengadilan,” ujar Riko, Senin (1/7/2019).

Pelimpahan tahap dua yang sejatinya penyidik menghadirkan tersangka, menurut Riko, sesuai Pasal 80 ayat 4 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu maka pelimpahan tahap dua mapun persidangan bisa dilakukan tanpa tersangka.

Sedangkan terkait jumlah saksi yang akan dihadirkan dalam persidangan dugaan pelanggaran pemilu oleh lima Komisioner KPU Palembang yakni EF, YT, AB, AI dan SA, dirinya menyebut terdapat 35 orang, diantaranya, warga, anggota KPPS dan ahli.

“Sejauh ini kita sudah menerima berkas dan barang bukti berupa sejumlah dokumen dan berita acara,” tambahnya.

Hal itu juga ditegaskan Kepala Kejaksaan Negeri Palembang Asmadi, menurutnya terkait tak hadirnya lima Komisioner KPU Palembang yakni EF, YT, AB, AI dan SA, pelimpahan tahap dua tetap dapat dilakukan.

“Informasi dari penyidik karena ada kegiatan rapat pleno di KPU, tersangka belum bisa hadir. Untuk itu kami memberikan kesempatan kepada penyidik sampai besok untuk menghadirkan tersangka dan barang bukti,” imbuhnya.

Sementara itu, Iptu Hamsal, Tim Penyidik Gakkumdu Polresta Palembang mengatakan kelima komisioner tidak hadir karena ada kegiatan rapat KPU Palembang. “Tidak hadir karena sedang ada rapat di KPU,” ucap Hamsal saat masuk ke kantor Kejaksaan.

Menurutnya sesuai UU Pemilu, tahap dua bisa dilakukan tanpa menghadirkan tersangka. “Makanya hari ini kita lakukan tahap dua tanpa tersangka,” imbuhnya. (sup)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.