Banner sumsel

Jadi Buruan Kepolisian, Terduga Korupsi Dana Subsidi Penerbangan Diringkus KPK

JAKARTA,koranindonesia.Id-Komisi Pembrantasan Korupsi (KPK) berhasil membantu kepolisian menangkap tersangka kasus dugaan korupsi dana subsidi penerbangan pada pemerintah Kabupaten Talaud, M Rusli yang buron sejak 2014 lalu.

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah mengatakan M Rusli ditangkap Kemarin, oleh Supervisi KPK yang bekerjasama dengan Satreskrim Polres Serang. Dikatakan Febri Kasus ini sebelumnya ditangani oleh penyidik Polres Talaud sejak tahun 2012 dalam perkara penyalahgunaan dana subsidi penerbangan pada pemerintah Kabupaten Talaud tahun anggaran 2009 dan 2010.

“Kerugian negara dalam kasus ini diduga sebesar Rp 1 miliar. Namun, penanganan perkara terkendala karena keberadaan tersangka tidak diketahui hingga diterbitkan daftar pencarian orang (DPO),” terangnya.

Febri mengungkapkan KPK sangat menyayangkan DPO M. Rusli, yang disebut sebagai Direktur Utama PT Aero Support Internasional, masih bisa bepergian ke luar negeri meski telah masuk dalam DPO sejak 2014. Terkait dengan DPO yang sebenarnya telah dilakukan sejak tahun 2014, KPK menemukan informasi, meskipun tersangka telah DPO yang bersangkutan diketahui sering bepergian ke luar negeri Malaysia, Filipina, Thailand dan negara-negara lain.

“Hal ini kami sayangkan karena seharusnya ada upaya menyeluruh dari instansi-instansi yang terkait agar tersangka yang DPO tidak lolos bepergian ke luar negeri,” tegasnya.

Kini, Rusli telah diterbangkan ke Talaud untuk proses lebih lanjut. PT Aero Support Internasional sendiri merupakan mitra atau penerima subsidi penerbangan dari pemerintah kabupaten Talaud.

“Dari hasil kerja sama KPK melalui Unit Korsup Penindakan dengan Polda Banten dan Polres Serang, tersangka telah dibawa ke Talaud subuh tadi,” tandasnya. (Erw)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.