Banner pemprov Sumsel Vaksin
Muba vaksin maret 2021

IPB: Sektor Pertanian Dapat Jadi Penyelamat Ekonomi Bangsa

JAKARTA, koranindonesia.id – Rektor IPB University Prof Dr Arif Satria mengatakan sektor pertanian sebagai sumber pertumbuhan ekonomi nasional di Tanah Air pada hakikatnya dapat menjadi penyelamat ekonomi bangsa serta mewujudkan kedaulatan pangan.

“Sektor pertanian jika dibandingkan sektor lainnya terus tumbuh positif, bahkan selama pandemi. Momentum ini amat penting dan harus dimanfaatkan untuk menunjukkan perwujudan kedaulatan pangan,” kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Rektor IPB sekaligus Ketua Dewan Pakar Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (PISPI) tersebut mengatakan terdapat sejumlah kunci dalam mendorong pertanian yang inklusif dengan mengakomodasi kepentingan segala kelompok.

Menurutnya, seluruh pihak mestinya sadar bahwa semua negara di dunia gencar mendorong percepatan smart farming tersebut sehingga tugas seluruh masyarakat Indonesia saat ini yaitu mendorong pertanian presisi dengan sistem tersebut dan hal itu dapat diimplementasikan.

Sebab, kata dia, tidak semua kelompok pertanian telah menerapkan pertanian 4.0. Namun demikian, pertanian 1.0 dan 2.0 tetap harus didukung untuk percepatan adaptasi pemanfaatan teknologi 4.0 dalam rangka meningkatkan efisiensi dan kualitas.

“Jadi pada akhirnya ini meningkatkan daya saing produk-produk pertanian Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, upaya untuk mendorong pertanian berkelanjutan juga amat penting dalam mewujudkan komitmen global bagi pertanian yang lebih ramah lingkungan dimana hal ini dapat benar-benar bersifat bersahabat dalam era perubahan iklim.

Sementara itu, Menteri Pertanian RI Dr Syahrul Yasin Limpo mengatakan upaya ataupun kegiatan yang dilakukan PISPI dalam rangka mengembangkan pertanian visioner dan integratif dinilai sebagai konsolidasi emosional dan bertujuan membangun konsepsi-konsepsi strategis secara bersama.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat merefleksikan rencana pembangunan pertanian nasional dalam jangka panjang baik on-farm, off-farm hingga pascapanen.

“Seluruh lapisan masyarakat bersama pemerintah harus turut serta dalam mewujudkan pertanian yang makin mandiri,” ujar dia.

(ant)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.