Inilah Cara yang Benar dan Aman Ketika Membersihkan Layar Laptop

PALEMBANG, Koranindonesia.id — Komponen layar  laptop salah satu komponen penting di dalam seperangkat laptop. Bagaimana tidak penting, laptop ini ibarat “jendela” yang menghubungkan manusia sebagai pengguna dengan laptop yang memiliki komponen-komponen lainnya. Sekarang laptop yang sering digunakan baik dalam aktivitas pekerjaan atau belajar bagi mahasiswa dan siswa, Mengingat pentingnya fungsi layar di dalam sebuah laptop, maka layar laptop haruslah dirawat dengan baik. Untuk merawatnya, Anda harus membersihkannya secara rutin. Untuk membersihkan layar laptop, Anda harus melakukan cara-caranya dengan baik dan benar dan menghindari hal-hal tertentu. Jika Anda melakukan sedikit kesalahan, dikhawatirkan nantinya Anda malah bukan membersihkan, tetapi Anda malah membuat layar laptop Anda rusak atau berumur pendek. Berikut ini cara-cara membersihkan layar laptop yang dikutip dari laman segiempat.com antar lain:

Kurangi kontak langsung dengan layar monitor Laptop Anda

Jangan memegang layar monitor Anda jika tangan sedang dalam keadaan kotor atau basah. Ajari juga Anak Anda untuk tidak memegang layar monitor. Ini merupakan salah satu cara merawat layar monitor laptop agar tetap bersih dan awet.

Matikan power laptop sebelum membersihkan

Perhatikan panas pada layar monitor Laptop Anda. Jangan pernah membersihkan layar laptop Anda ketika layar masih dalam keadaan panas. Tunggu hingga kondisinya menjadi dingin. Karena, membersihkan layar dalam keadaan panas akan lebih cepat merusak permukaan layar laptop anda.

Bersihkan debu menggunakan vakum

Jangan pernah melakukan kontak langsung dengan layar monitor. Untuk membersihkan debu yang melekat pada monitor sebaiknya jangan menggunakan kain basah ataupun pembersih kaca lainnya. Gunakan saja vakum atau alat penghisap debu lainnya untuk membersihkan debu dari layar monitor Anda.

Gunakan kain microfiber kering

Kain microfiber merupakan kain yang lembut yang sangat cocok untuk membersihkan permukaan benda sensitif misalnya layar monitor ataupun kepingan CD/DVD. Kain ini memiliki tekstur yang sangat lembut, sehingga ketika Anda menggunakannya cukup ditekan sedikit kemudian diusapkan pada layar. Layar Anda akan bersih tanpa meninggalkan bekas goresan.

Bersihkan secara Perlahan

Oke, sekarang kita mulai masuk ke tahap pembersihan. Usapkan kain ke layar laptop Anda secara perlahan. Usahakan usapan yang Anda lakukan bergerak dalam satu arah, yaitu dari bawah ke atas. Pastikan Anda tidak menekan layar laptop Anda ketika melakukan proses pembersihan, karena tindakan ini bisa menimbulkan terjadinya kerusakan pada layar laptop Anda. Jika Anda tidak berhati-hati, Anda bisa membuat LCD laptop pecah.

Diamkan Laptop Beberapa Saat

Setelah layar laptop selesai dibersihkan, biarkan layar laptop dalam keadan terbuka selama beberapa saat. Tujuannya untuk mengeringkan layar laptop Anda sebelum Anda menutup kembali layar laptop. Setelah layar laptop kering, pastikan kembali tidak ada minyak kayu putih yang tersisa. Jika Anda menutup layar laptop Anda dalam kondisi layar tersebut masih tersisa minyak kayu putih, maka bisa saja laptop Anda mengalami kerusakan dan dapat menjadi salah satu penyebab laptop mati total. Oh iya, selama proses pengeringan, jangan dahulu menggunakan laptop Anda sampai layar laptop benar-benar kering. Silakan mencoba (nnn)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.