Inilah  Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Kaki

Koranindonesia.id, PALEMBANG — Pernahkah Anda mencium aroma kaki Anda setelah beraktivitas seharian? Selain bikin gak percaya diri, aroma kurang sedap ini mengindikasikan keberadaan bakteri jahat pada kaki. Karena biasanya aroma tak sedap pada kaki kita, akan menyebar ke seluruh ruangan dimana kita berada.

Sungguh memalukan rasanya saat orang-orang di sekitar Anda, menilai Anda sebagai orang jorok karena bau kaki yang menyengat. Memang siapapun juga bisa saja mengalami bau pada kakinya. Sebenarnya apa sih penyebab bau kaki?

Ada banyak sekali cara untuk menghilangkan bau kaki. Terdapat cara menghilangkan bau kaki secara alami, secara medis, hingga dengan cara mengubah kebiasaan sehari-hari. Berikut adalah berbagai macam cara menghilangkan bau kaki yang bisa Anda coba, seperti dilansir dari laman doktersehat.com sebagai berikut:

Rendam air garam

Cara pertama adalah cara menghilankan bau kaki secara alami dengan air garam. Merendam kaki dengan air garam memang dipercaya dapat memiliki berbagai manfaat mulai dari relaksasi, meredakan eksim, hingga menghilangkan bau kaki. Caranya juga sangat mudah, campurkan setengah gelas garam dengan 4 gelas air hangat dalam sebuah wadah. Setelah itu rendam kaki selama 10-15 menit. Hindari menggunakan air yang terlalu panas.

Rendam air lemon

Bau kaki juga bisa diatasi dengan rendaman air lemon. Buah yang satu ini memiliki sifat antibakteri sehingga dapat mengatasi kelebihan keringat dan bakteri penyebab bau kaki. Campurkan perasan 6 buah lemon dengan satu baskom air untuk merendam kaki. Rendam paling tidak 15 menit.

Rendam air baking soda

Selain garam dan lemon, baking soda juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk merendam kaki. Campurkan ¼ gelas baking soda dengan air secukupnya untuk merendam kaki. Anda juga bisa menambah perasan lemon untuk menambah aroma segar pada air rendaman.

Rendam air cuka

Cara menghilangkan bau kaki selanjutnya adalah merendam kaki dengan cuka. Campurkan air dan cuka dengan perbandingan 2:1 untuk merendam kaki. Kemudian rendam kaki selama sekitar 15 menit. Sebelum melakukan cara yang satu ini, pastikan tidak ada luka terbuka atau iritasi pada kaki Anda.

Rendam teh

Dilansir dari Reader’s Digest Best Health, asam tanat dalam teh hitam dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau kaki dan mengurangi produksi keringat pada kaki. Sedih dua kantung teh hitam dalam dua gelas air selama 15 menit. Selanjutnya campurkan teh dengan dua liter air. Tunggu hingga suhu air ideal untuk merendam kaki, lalu rendam kaki selama 30 menit.

Kopi

Terdapat beberapa cara mengatasi bau kaki secara alami dengan kopi. Cara pertama adalah dengan cara memcampurkan kopi dan minyak kelapa untuk dijadikan sebagai scrub kopi untuk memambantu mengangkat sel kulit mati. Cara kedua adalah dengan menghilangkan bau pada sepatu yang digunakan. Ya, bau kaki juga bisa dipicu adanya bau yang masih bersisa pada alas kaki yang kita gunakan. Masukkan bubuk kopi ke dalam kaus kaki bersih dan letakkan di dalam sepatu selama semalaman.

Sabun antibakteri atau antijamur

Sudahkan Anda membersihkan kaki secara rutin? Jika belum, mungkin itu lah penyebab bau kaki yang Anda alami. Cobalah untuk mencuci kaki dengan sabun antibakteri atau antijamur. Jangan lupakan bagian sela-sela jari. Setelah mencuci kaki, pastikan Anda mengeringkan kaki dengan benar sebelum kembali mengenakan alas kaki kembali.

Gunakan deodorant

Deodorant tidak hanya berguna untuk mengatasi bau ketiak, tapi juga bisa menjadi cara menghilangkan bau kaki. Deodorant memiliki kandungan antibakteri untuk mencegah bakteri penyabab bau berkembang. Jika Anda memiliki masalah dengan bau kaki, cobalah untuk mengaplikasikan deodorant di kaki Anda.

Bersihkan kuku kaki

Kuku kaki bisa menjadi tempat untuk berkembangnya bakteri di kaki. Membersihkan dan memotong kuku kaki secara rutin bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bau kaki. Jika belum saatnya untuk dipotong, pastikan selalu bahwa kuku kaki Anda dalam keadaan bersih.

Ganti kaus kaki setiap hari

Menghilangkan bau kaki memang tidak hanya cukup dengan memastikan kaki bersih saja, tapi alas kaki yang Anda gunakan juga harus bersih. Usahakan untuk mengganti kaus kaki setiap hari untuk menghindari penumpukan bakteri penyebab bau.

Hindari sepatu lembap

Cara menghilangkan bau kaki lainnya adalah dengan tidak menggunakan sepatu yang lembap. Milikilah paling tidak dua buah sepatu agar Anda dapat menggunakan sepatu lain ketika salah satu sepatu masih lembap setelah dicuci atau bahkan karena terkena hujan.

Tempat yang lembap sangat berpotensi menjadi tempat berkembangnya bakteri yang akan menyebabkan bau tidak sedap pada kaki tersebut. Semoga bermanfaat (nnn)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.