Banner sumsel

Inilah Cara Mengatasi Hp Cepat Panas

PALEMBANG, koranindonesia.id – Hp yang cepat panas itu hal yang normal dan sesuatu yang terjadi pada hampir semua hp, baik dengan sistem operasi Android, Iphone atau Windows. Panas hp ini berasal dari baterai hp biasanya memanas ketika hp anda melakukan aktivitas terus menerus pada hp yang mengakibatkan daya handphone digunakan lebih cepat dari biasanya contoh ketika hp anda melakukan panggilan telepon, menggunakan GPS, menonton video dan lainnya. Terus! Bagaimana cara mengatasinya, berikut ini penjelasannya dilansir dari laman jalantikus.com:
Gunakan Charger Original
Charger original mengalami kerusakan? Kamu ingin berhemat dengan membeli charger yang lebih murah, namun gak jelas asal-usul dan kualitasnya. Menggunakan sembarang charger malah akan membahayakan baterai dan smartphone kamu, bahkan jadi salah satu faktor utama yang menyebabkan HP cepat panas. Biasakan selalu menggunakan charger asli dan jika rusak, belilah charger asli yang baru.
Cek Penggunaan WiFi
Fitur ini nyaris selalu diaktifkan untuk kamu si fakir kuota. Gak ada salahnya memang, mengaktifkan WiFi gak akan secara langsung menyebabkan HP cepat panas. Tapi secara gak langsung, aplikasi background yang otomatis berjalan ketika smartphone terhubung dengan WiFi yang kemudian bisa bikin smartphonemu panas.
Matikan Bluetooth dan GPS
Dua fitur ini termasuk yang jarang kita perhatikan. Banyak pengguna smartphone yang membiarkan bluetooth dan GPS tetap aktif menyala padahal sedang dalam posisi gak digunakan dan dibutuhkan. Dua fitur ini nyatanya bisa menyebabkan HP cepat panas. Pastikan kamu mematikan dua fitur ini jika memang lagi gak dibutuhkan.
Kurangi Multi-tasking
Spesifikasi smartphone yang semakin dewa memang menawarkan performa tokcer untuk melakukan multi-tasking. Meski begitu, kamu tetap harus jaga-jaga suhu smartphonemu saat melakukan berbagai pekerjaan sekaligus. Banyaknya aplikasi aktif yang kamu gunakan bersamaan, belum lagi ditambah aplikasi background yang tetap berjalan, tentu akan menyebabkan HP cepat panas.
Istirahatkan Smartphone dari Streaming atau Gaming Nonstop
Kamu memang gak melakukan multi-tasking, melainkan hanya melakukan satu aktivitas di smartphone. Misalnya seperti streaming atau bermain game. Meski hanya satu aktivitas, namun baik streaming atau gaming nyatanya sama-sama akan membuat HP cepat panas jika dilakukan secara terus-menerus alias nonstop. Ketahui batas waktu penggunaan smartphone, terutama untuk dua aktivitas di atas.
Cek Kondisi Baterai
Kamu ngerasa gak melakukan apa-apa alias gak memaksakan smartphone untuk aktivitas berat, tapi tetap aja HP cepat panas. Kamu perlu memeriksa kondisi baterai yang ada di smartphone kamu. Usia baterai yang sudah lama dan kondisinya yang sudah usang (seperti gambar di atas) tentu jadi faktor yang bikin smartphone kamu jadi cepat panas. Segera ganti baterai dengan yang baru.
Perhatikan ‘Ventilasi’
Mayoritas orang pastinya selalu membawa smartphone kemanapun dia pergi. Gak sedikit dari mereka yang memasukkannya ke dalam tas atau bahkan celana jeans yang super ketat. Hati-hati! Hal itu bisa bikin HP cepat panas dan otomatis memperlambat performa si smartphone itu sendiri. Jika memang meletakkan smartphone di tempat tertutup, usahakan untuk sesekali mengeluarkannya untuk memberinya ‘udara segar’.
Hindari dari Air
Hal yang satu ini harusnya sudah gak perlu diimbau lagi, kecuali jika smartphone kamu water resistant. Untuk yang smartphonenya gak kuat sama air, hindari menggunakannya di tempat-tempat rawan basah seperti kamar mandi, kolam renang atau pantai. Air dalam julah cukup banyak bisa jadi salah satu penyebab HP cepat panas.
Hapus File Sampah
Segala file sampah,  hingga cookies yang sudah sangat bertumpuk ternyata juga jadi salah satu penyebab HP cepat panas. Tiga hal di atas akan menyebabkan dampak langsung pada CPU dan RAM yang nantinya akan memancing suhu smartphone jadi cepat panas. Untuk itu, rutinlah menghapus file, cache dan cookies yang sudah gak diperlukan atau sudah bertumpuk.
Semoga bermanfaat (nnn)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.