Muba ramadhan
Banner pemprov Sumsel Vaksin

Inilah 5 Manfaat Teh Rosemary

 

JAKARTA, koranindonesia.id – Teh rosemary mampu menenangkan suasana hati. Jika Anda sedang gelisah, sedih atau stres, cobalah mengonsumsi teh rosemary yang kaya akan zat antioksidan.
Meski demikian, teh ini tidak dianjurkan bagi yang mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti pengencer darah, diuretik, dan lithium karena dapat menyebabkan kinerja obat terlalu kuat ke tubuh.
Dikutip dari SehatQ, berikut ini beberapa manfaat yang Anda peroleh dari mengonsumsi teh rosemary untuk kesehatan Anda, antara lain:

1.Kaya akan antioksidan

Tanaman herbal seperti rosemary memiliki kandungan antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari stres oksidatif dan peradangan. Tak hanya itu teh dari rosemary juga mengandung zat anti-peradangan dan antimikroba yang dapat melawan segala bentuk infeksi, sehingga banyak digunakan sebagai bahan pengobatan alternatif.

2.Cegah kanker

Ada banyak studi yang menemukan keterkaitan antara asam rosmarinik dan asam karnosik dalam rosemary terhadap sel kanker. Kedua zat tersebut memiliki kandungan zat antitumor yang dapat membantu Anda mencegah segala macam penyakit kanker seperti kanker leukemia, kanker payudara, dan kanker prostat.

3.Menurunkan kadar gula darah

Banyak jenis minuman herbal yang aman dikonsumsi bagi siapapun yang ingin berusaha menjaga kadar gula darahnya. Salah satunya adalah teh rosemary yang memiliki potensi untuk menurunkan kadar gula darah bahkan sangat membantu bagi orang yang menderita penyakit diabetes.
Kandungan asam rosmarinik dan asam karnosik yang memiliki efek insulin terhadap gula darah membantu penyerapan glukosa ke sel otot menjadi lebih optimal sehingga kadar gula darah bisa menurun.

4.Baik untuk Mood dan Daya Ingat

Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi 500 miligram rosemarysebanyak dua kali sehari selama satu bulan dapat mengurangi tingkat kecemasan pada diri Anda secara signifikan. Pada saat yang bersamaan, kualitas tidur dan daya ingat pun menjadi lebih baik sekaligus dapat membuat mood lebih terjaga, apalagi jika Anda sering mengalami burnout karena tekanan rutinitas seperti pekerjaan atau tugas sekolah.

5.Baik untuk kesehatan otak

Sejumlah studi laboratorium menemukan bahwa komponen dalam teh rosemarybisa melindungi kesehatan otak dari berbagai pemicu kerusakannya seperti stroke. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa rosemary juga dapat mencegah dampak negatif dari penuaan otak khususnya alzheimer. (Red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.