Banner sumsel

Ini Rencana Jadwal Sidang Komisioner KPU Palembang

PALEMBANG, Koranindonesia.id – Majelis hakim Pengadilan Negeri Palembang telah menetapkan mekanisme pelaksanaan sidang kelima komisioner KPU Palembang tersebut.

Yakni pada Senin (8/7) akan dilakukan pemeriksaan saksi-saksi dari penuntut umum, untuk itu jaksa diperintahkan agar menghadirkan saksi serta para terdakwa.

Pada Selasa (9/7), dilakukan pemeriksaan terhadap saksi meringankan dari terdakwa dan dilanjutkan dengan pemeriksaan para terdakwa.

Kemudian pada Rabu (9/7) dijadwalkan dengan pembacaan surat tuntutan dari jaksa dan pembelaan dari terdakwa serta tanggapan atas pledoi dan replik dari pihak terdakwa.

Sedangkan pada Kamis (10/7) majelis hakim menjadwalkan akan membacakan putusan kelima terdakwa yakni Eftiyani, Alex Berzili, Syafarudin Adam, Abdul Malik dan Yetty Oktarina.

 

Sementara itu untuk membuktikan dakwaan atas dugaan pelanggaran pemilu tersebut, tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan menghadirkan 33 saksi dan 2 orang ahli ke persidangan di Pengadilan Negeri Palembang.

JPU Yuliyati Ningsih mengatakan, saksi-saksi yang akan dihadirkan tersebut, diantaranya sejumlah warga yang tidak dapat menggunakan hak pilih dalam pemilu 2019 lalu.

Kemudian sekitar 6 orang petugas KPPS dari TPS diduga tempat terjadinya kecurangan, PPK, Panwaslu, Bawaslu dan petugas pengawas TPS.

Selain itu pihaknya juga akan menghadirkan dua orang ahli, yakni ahli hukum tata negara dan ahli hukum pidana. “Ada dua orang ahli dari Unsri akan kita hadirkan,” ujarnya.

Sedangkan Rusli Bastari, selaku tim kuasa hukum kelima terdakwa mengatakan pihaknya akan juga akan menghadirkan saksi dan ahli.

“Kita menyiapkan tiga orang saksi meringankan dan dua ahli,” ucap Rusli yang belum mau menyebut identitas saksi yang akan dihadirkan. (sup)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.