BANNER Dukung 5m
Banner pemprov Sumsel Vaksin

Ini Lo Tips Cara Sukses dan Menarik Kirim Surat Lamaran Kerja Via Email

 

SETELAH lulus dari bangku SMA tidak sedikit mereka lebih memilih untuk bekerja dibanding melanjutkan keperguruan tinggi. Apapun itu, pasti mereka memiliki banyak alasan.

Demikian juga para mahasiswa yang telah lulus dari bangku kuliahnya, pasti tujuan utamanya adalah bagaimana mendapat pekerjaan yang sesuai dengan bidang disiplin ilmu yang telah diperoleh. Dijaman pandemi ini, ada hal yang sedikit menguntungkan para pencari kerja. Salah satunya adalah cara melamar pekerjaan.

Hal ini dikarenakan, kebanyakan perusahaan juga mencari karyawan dan meminta pelamar untuk mengirim lamarannya melalui media elektronik berupa email.

Nah, buat para pencari kerja, walaupun lamaran yang diminta dikirim vie email, kalian jangan asal kirim-kirim saja ya.

Pastikan lamaran yang kita kirim itu menarik hati HRD untuk membacanya. Agar surat lamaran pekerjaan yang dikirim via email yang menarik dan pastinya disukai oleh HRD ada beberapa tips yang perlu kalian ketahui ya.

1. Baca lowongan dengan saksama, pastikan point-point penting mulai dari posisi yang diharapkan dan juga syarat-syarat yang diminta oleh perusahaan tersebut. Biasanya perusahaan membutuhkan beberapa kandidat yang ditempatkan dibeberapa posisi, pastikan posisi yang anda lamar itu setidaknya anda paham sedikit dengan posisi yang ditawarkan tersebut.

2. Buatlah CV lamaran anda semenarik mungkin. Karena pertama kali yang HRD akan baca itu adalah CV. Mengapa demikian, karena di CV itu anda menuliskan semua profil anda mulai dari bioadata hingga skill yang anda miliki wajib dicantumkan. Adapun berkas –berkas mulai dari cv, surat lamaran serta berkas pendukung lainnya jangan terpisah. Tujuannya untuk memudahkan HRD untuk menyeleksi berkas-berkas kalian.

3. Ini nih point yang seringkali dilakukan para pencari kerja. Dalam CV kalian tidak perlu mencantumkan pendidikan kalian mulai dari SD, SMP. Cukup kalian cantumkan pendidikan mulai dari SMA dan perguruan tinggi kalian saja ya.

4. Semua berkas lamaran dijadikan dalam satu file bentuk pdf dengan susunan yang rapi dan pastikan file berkas lamaran tidak lebih dari 2 mb saja.

5. Point yang jarang sekali diperhatikan adalah Saat mengirim, jangan kosongkan badan pesan email kalian. tuliskan beberapa kalimat pembuka untuk menunjukkan keseriusan kalian dalam mencari pekerjaan.

Demikian tips cara melamar pekerjaan melalui email. Boleh dicoba, semoga berhasil (Tan)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.