Banner Pemprov 2020
Banner 23 September

Ini Lima Cara Hilangkan Mata Perih dan Sesak Napas

JAKARTA, koranindonesia.id – Aparat menembakkan gas air mata saat demo menolak omnibus law berujung ricuh di sejumlah tempat. Bagaimana cara menghilangkan perih akibat gas air mata?

Terkadang, bukan cuma demonstran yang mengalami dampak semburan gas air mata. Warga yang tinggal maupun melintas di sekitar lokasi rusuh juga harus merasakan dampaknya.

Meski namanya gas air mata, pada dasarnya yang memicu perih bukanlah gas melainkan serbuk. Ketika bercampur dengan keringat atau cairan tubuh, serbuk tersebut akan memicu iritasi dan berbagai keluhan lain termasuk mata perih dan sesak napas.

Hal pertama yang harus dilakukan ketika mengalaminya adalah segera menyingkir dari sumber gas air mata. Sebisa mungkin hindari asap putih.

Dikutip dari Insider, berikut beberapa langkah dan cara menghilangkan perih akibat gas air mata.

1. Cari tempat tinggi

Gas air mata cenderung akan mengendap di tempat rendah, jadi mencari tempat tinggi biasanya akan membantu. Bila ada anak kecil, gendong agar posisinya lebih tinggi.

2. Bilas dengan air

Begitu sampai di tempat aman, bersihkan permukaan tubuh dari zat-zat kimia yang menempel. Gunakan air dan sabun dan pastikan tangan sudah bersih sebelum menyentuh wajah.

3. Basuh mata jika terasa perih

Tengadahkan kepala lalu basuh mata dengan air bersih. Pastikan air yang digunakan benar-benar bersih untuk menghindari iritasi maupun infeksi.

4. Lepas dan ganti pakaian

Begitu memungkinkan, segera lepas pakaian dan ganti dengan yang bersih. Pisahkan dari baju kotor lainnya, cuci terpisah.

5. Mandi dan keramas

Gunakan air dingin untuk menghindari iritasi yang lebih parah. Usahakan mata tertutup untuk menghindari kontaminasi gas air mata.

(MT)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.