Banner Pemprov 2020
3M Muba

Ini Juara Dunia F1 2020

JAKARTA, koranindonesia.id – Pembalap Mercedes Lewis Hamilton juara dunia Formula 1 2020 usai menang Grand Prix Turki 2020 di Sirkuit Intercity, Minggu (15/11).

Lance Stroll yang meraih pole position tetap di urutan pertama usai start. Max Verstappen mengalami start yang lambat dan harus kehilangan posisi kedua.

Sergio Perez yang sebelumnya di posisi kedua menggeser Verstappen yang turun ke tempat kelima. Sementara itu, Lewis Hamilton yang start dari posisi keenam langsung melesat ke posisi ketiga.

Baru saja memulai balapan, rekan setim Hamilton Valtteri Bottas mengalami insiden dengan dua pembalap Renalut di tikungan pertama.

Peristiwa itu membuat Bottas melanjutkan balapan dari posisi ke-18 dan bisa menutup peluangnya juara di musim ini.

Hamilton melebar di tikungan 10 dan masuk ke run-off. Kondisi tersebut dimanfaatkan Sebastian Vetter serta Verstappen memperbaiki posisi.

Lance Stroll masih kukuh di posisi terdepan, diikuti Sergio Perez, Max Verstappen, Sebastian Vettel, dan Hamilton di posisi lima besar.

Perubahan posisi terjadi di lap 16. Hamilton terkendala masalah rem saat mencoba melewati Vettel. Momen itu dimanfaatkan Alexander Albon untuk menyalip.

Nasib buruk dialami Verstappen yang kehilangan posisi ketiga usai keluar jalur saat ingin melewati Perez. Albon kembali memperbaiki posisinya ke peringkat ketiga. Posisi tiga besar saat ini diisi Stroll, Perez, dan Albon.

Albon yang mengalami keberuntungan pada dua momen sebelumnya kini mengalami kesialan usai berputar dari keluar jalur di tikungan 4 lap 34. Posisinya di tempat ketiga diambil alih Hamilton.

Hamilton mengudeta posisi terdepan dalam balapan setelah Stroll mengalami masalah mesin dan melewati Perez di lap 37.

Stroll lalu mencoba melewati Vettel di beberapa lap berikutnya, akan tetapi gagal dan melebar. Charles Leclerc yang melihat peluang tersebut langsung menyalip dan berada di posisi ketiga.

Di lap 51, Vettel menyalip Leclerc. Perubahan terjadi di posisi tiga besar: Hamilton, Perez, dan Vettel.

Tidak ada perubahan lagi di posisi tiga besar pada sisa balapan. Hamilton jadi pemenang di F1 GP Turki diikuti Sergio Perez, dan Sebastian Vettel.

Dengan kemnangan tersebut Lewis Hamilton remi jadi juara dunia F1 2020. Ini gelar juara dunia ketujuh bagi Hamilton, menyamai Michael Scheumacher.

(MT) 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.