Banner Muba 23 – 31 Juli 2021
banner Pemprov Juni

Ini Cara Perusahaan Membuat STRP Selama PPKM Darurat

 

JAKARTA, koranindonesia.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan peraturan wajib Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) bagi pegawai  yang bekerja di sektor esensial dan kritikal saat penerapan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat.

Peraturan tambahan itu dikeluarkan Gubernur Anies Baswedan demi menekan mobilitas masyarakat di luar rumah, sebagai upaya memutus mata rantai penularan Covid-19. Sebab, kasus harian Covid-19 di DKI Jakarta masih terus bertambah hingga hari ini.

Diluncurkan Senin (5/7/2021) pagi, mulanya pengajuan pembuatan STRP bisa dilakukan perorangan. Namun, kekinian Gubernur Anies mengubah mekanisme pembuatan STRP karena alami permasalahan pada server pendaftaran.

STRP sekarang hanya boleh didaftarkan perusahaan sektor esensial dan kritikal. Sektor esensial diantaranya adalah keuangan dan perbankan, pasar modal, sistem pembayaran, teknologi informasi dan komunikasi, perhotelan non penanganan karantina COVID-19, serta industri orientasi ekspor.

Sementara sektor kritikal terdiri dari energi, kesehatan, keamanan, logistik dan transportasi, industri makanan, minuman dan penunjangnya, petrokimia, semen, objek vital nasional, penanganan bencana, proyek strategis nasional, konstruksi, utilitas dasar (seperti listrik dan air), serta industri pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari.

“Langkah yang kita lakukan adalah mulai sekarang hanya mengizinkan perusahaan yang mendaftarkan. Tidak individu. Lalu peroses masukan nama-nama pegawainya yang akan masuk bekerja, dari situ nanti akan dikeluarkan STRP,” kata Anies dalam sebuah acara virtual, Selasa (6/7/2021).

Berikut syarat-syarat dan dokomen yang perlu disiapkan untuk membuat STRP,

Persyaratan registrasi

-KTP pemohon

-Surat tugas dari perusahaan (rombongan dapat melampirkan nama, nomor KTP, foto, alamat tempat tinggal dan alamat yang dituju)

-Sertifikat vaksin (masa transisi satu minggu dari diumumkan atau surat pernyataan vaksin dalam waktu dekat)

-Foto 4×6 berwarna (rombongan wajib melampirkan di lampiran surat tugas)

Persyaratan pengajuan  STRP bagi warga yang berkebutuhan mendesak

-KTP pemohon

-Sertifikat vaksin (masa transisi satu minggu dari diumumkan atau surat pernyataan vaksin dalam waktu dekat)

-Foto x6 berwarna

Mekanisme pengajuan STRP

-Buka situs http://jakevo.jakarta.go.id

-Isi form, upload, sumit

-verifikasi berkas UP PMPTSP

-STRP diunduh di http://jakevo.jakarta.go.id. (Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.