Banner Pemprov 2020
Banner september

Ini Cara Meningkatkan Kapasitas Mesin Motor Tanpa Bore Up

JAKARTA, koranindonesia.id – Selama ini kalian mungkin sering mendengar bore up sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kapasitas mesin motor.

Caranya, mengganti piston bawaan motor dengan piston yang punya diameter lebih besar agar kapasitas ruang bakar ikut meningkat.

“Untuk menyesuaikan piston yang lebih besar, otomatis boring harus dikorter atau ganti dengan yang seukuran dengan piston baru yang lebih besar,” buka Benny Ilham, owner VB Motor, bengkel spesialis Yamaha Scorpio dikutip koranindonesia.id dari gridoto.com.

Selain bore up, ada satu cara lagi untuk meningkatkan kapasitas atau cc mesin.

“Meningkatkan kapasitas mesin juga bisa dilakukan dengan metode stroke up,” papar Benny.

“Metode stroke up adalah memperpanjang langkah piston,” tambahnya saat ditemui di Jalan Kemang Raya No.23, Cilodong, Depok, Jawa Barat.

Ada dua variable yang berhubungan dengan kapasitas mesin.

Selain diameter piston, panjang langkah atau tinggi setang seher juga turut mempengaruhi hasil perhitungan kapasitas mesin motor.

“Kalau diameter piston ukuran standar, tapi langkah-nya semakin panjang, sudah tentu kapasitas mesin motor jadi bertambah,” tambahnya.

Metode stroke up ini sudah sering dilakukan sama pengguna Yamaha Scorpio untuk meningkatan kapasitas mesin.

Tentunya stroke up meningkatkan performa ketimbang mesin standar.

“Cara stroke up salah satunya dengan menggeser posisi lubang big end ke atas, paling minim itu 2 mm, naik turun jadi 4 mm ,” tuturnya.

Misalnya, stroke atau panjang langkah Yamaha Scorpio standar itu 58 mm, dengan menggeser lubang big end 2 mm, berarti langkah setang piston bertambah menjadi 62 mm.

Kalau kita pakai rumus sederhana menghitung kapasitas mesin motor yaitu 0,785 x diameter piston x diameter piston x langkah piston.

Contoh pada Yamaha Scorpio setelah big end digeser 2 mm, maka hitungannya jadi 0,785 x 70 mm x 70 mm x 62 mm hasilnya jadi 238,4 cc, dibulatkan menjadi 240 cc.

Hanya dengan memperpanjang langkah, mesin Yamaha Scorpio meningkat 15 cc dari sebelumnya 225 cc.

Untuk memperpanjang langkah piston juga bukan cuma dengan cara menggeser posisi big end.

Tetapi bisa juga menggunakan pin stroke up yang banyak dijual, atau dengan mengganti setang piston dengan yang lebih panjang.

Meskipun metodenya berbeda, tujuannya sama, untuk memperpanjang langkah piston agar kapasitas mesin dan performa meningkat.

(MT)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.