Banner sumsel

Ini Cara jika Motor Terendam Banjir

PALEMBANG,koranindonesia.id—November Rain, musim hujan telah tiba tidak pagi, siang bahkan malam hujan terus menguyur, maklum saja sudah musimnya. Nah, bagi kamu yang aktivitas hariannya menggunakan motor maka harus melakukan sejumlah antisipasi, dari siap jas hujan sampai mencari alternatif jalan untuk menghindari banjir dan daerah yang terkena banjir. Berikut beberapa hal yang kamu bisa lakukan jika motor kamu terendam banjir seperti yang dikumpulkan oleh redaksi koranindoenesia. Id dari berbagai sumber..

1. Jangan Nyalakan Motor

Perawatan motor kena banjir yang pertama, sebisa mungkin jangan langsung nyalakan motor Anda. Saat motor sudah terendam banjir, menyalakan mesinnya hanya akan membuat kotoran atau endapan lumpur lebih mudah masuk ke dalamnya hingga menyebabkan keausan. Kemungkinan tercampurnya lumpur dengan bahan bakar atau sistem pembakaran lainnya hanya akan mempersulit proses perbaikan motor tersebut.

2. Buka Mesin

Kalau tidak coba dinyalakan, lantas apa yang harus dilakukan untuk motor yang terendam banjir? Bukalah mesinnya satu per satu mulai dari crankcase, bak kopling, blok silinder dan kepala silinder, hingga karburator (non injeksi). Bila sepeda motor menyimpan air dalam mesin atau karburator, tarikan motor menjadi terhambat dan bahkan mati mendadak. Kemudian, rendam semua komponen dalam bensin atau cairan penetral guna menghilangkan karat. Jika Anda kurang berpengalaman, sebaiknya serahkan ke mekanik yang berpengalaman.

3. Kuras Oli Motor

Menguras oli juga wajib Anda lakukan sebagai perawatan motor kena banjir selanjutnya. Sebab jika tidak dikuras, dikhawatirkan endapan kotoran atau air masuk di sela-sela mesin juga tutup oli. Oli mesin yang sudah tercampur dengan air sudah mengalami penurunan tingkat kekentalan atau viscosity yang dapat mengganggu kinerja mesin motor.

4. Keringkan Komponen Listrik

Buka semua komponen kelistrikan sepeda motor, seperti sakelar, konektor kabel, spul, motor starter hingga fitting bohlam. Karena jika tidak segera dibuka bisa berdampak korosi yang dapat menyebabkan korsleting. Apabila komponen listrik tersebut sudah dibuka, keringkan dengan dijemur atau menggunakan kompresor, jangan lupa semprotkan cairan anti karat. Terakhir pasang kembali komponen mesin dan listrik, dan lakukan pengetesan.

5. Tes Rem Setelah Dicuci

Masalah yang juga sering terjadi saat motor terendam banjir yakni terkuncinya rem belakang motor. Biasanya penyebabnya akibat permukaan kanvas rem yang basah atau lembab. Kondisi demikian menyebabkan lengket ketika menempel pada permukaan teromol. Untuk itu, perawatan motor kena banjir yang wajib dilakukan usai dicuci yaitu dengan mengetes rem beberapa kali saat sambil motor berjalan untuk mengeringkan ruangan teromol atau hidraulik piringan rem (disc brake). (ard/berbagai sumber)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.