Banner Pemprov 2020
Banner 23 September

Ini Calon Juara MotoGP 2020 yang Menakutkan Pembalap Lain

JAKARTA, koranindonesia.id – Nama Joan Mir kini disebut-sebut sebagai salah satu kandidat juara MotoGP 2020 lewat penampilan apik dalam beberapa seri belakangan.

Sebelum tampil di kejuaraan dunia, Mir lebih dahulu berpartisipasi di Red Bull MotoGP Rookies Cup pada 2013 dan 2014.

Setahun berikutnya pembalap asal Spanyol itu gabung dengan tim junior Leopard Racing untuk program FIM CEV Repsol Junior World Championship di kelas Moto3.

Beruntung bagi pembalap kelahiran Palma tersebut, karena pada 2015 itu juga ia mendapatkan kesempatan tampil di kejuaraan dunia Moto3.

Pada Moto3 2015, Joan Mir tampil di seri Moto3 Australia di Sirkuit Philip Island sebagai pembalap pengganti. Mir menggantikan Hirko Ono yang mengalami cedera.

Sayangnya, dalam debut di Moto3 itu Mir gagal tampil mengesankan. Start dari posisi ke-18, Joan Mir justru gagal finis setelah mengalami kecelakaan bersama John McPhee.

Joan Mir lalu mendapat kesempatan tampil penuh di Moto3 pada 2016. Pada musim tersebut Mir tampil apik dan impresif.

Dengan sekali menang di Moto3 Austria dan tiga kali podium pada musim tersebut, Joan Mir sukses menempati posisi kelima klasemen akhir dengan koleksi 144 poin.

Tidak butuh waktu lama bagi Joan Mir untuk sukses di kelas Moto3. Di musim kedua saat tampil penuh, Joan Mir langsung menjadi juara dunia.

Joan Mir juara Moto3 2017 dengan memenangi 10 dari total 18 balapan dan 13 kali naik podium. Pada periode tersebut Mir meraih 341 poin.

Prestasi hebat di Moto3 membawa Mir naik kelas ke Moto2 pada 2018 bersama tim Marc VDS. Di musim pertamanya itu Mir finis di posisi keenam usai 4 kali podium tanpa memenangi balapan.

MotoGP rider Joan Mir of Spain takes a curve during the Emilia Romagna Motorcycle Grand Prix at the Misano circuit in Misano Adriatico, Italy, Sunday, Sept. 20, 2020. (AP Photo/Antonio Calanni)Joan Mir sudah lima kali naik podium di MotoGP 2020. (AP/Antonio Calanni)

Meskipun tidak memiliki prestasi gemilang di Moto2, namun pencapaian Mir itu membuat Suzuki Ecstar tertarik merekrutnya. Joan Mir menjadi rookie di MotoGP 2019 bersama Suzuki.

Persaingan yang lebih sulit di MotoGP membuat Mir terlempar dari 10 besar dengan menempati peringat ke-12 klasemen akhir MotoGP 2019 setelah meraih 92 poin, dikutip dari gpone.com.

Di musim perdananya itu Mir meraih banyak pelajaran penting yang dibawanya ke MotoGP 2020. Berkat pengalaman pada 2019 ditambah lagi absennya Marc Marquez, Joan Mir kini menjadi salah satu calon juara MotoGP 2020.

Jelang MotoGP Prancis, Minggu (11/10), Joan Mir menempati peringkat kedua klasemen sementara pembalap MotoGP 2020 dengan koleksi 100 poin, atau 8 poin di belakang Fabio Quartararo yang memimpin klasemen.

Meskipun belum pernah memenangi balapan, namun Mir sudah lima kali naik podium di musim ini dengan tiga di antaranya menempati posisi runner-up.

Bahkan, Joan Mir kerap memberikan ketakutan kepada para pembalap yang berada di barisan depan. Karena, Mir sering meraih podium dengan menyalip rival pada lap-lap terakhir.

(MT)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.