Banner pemprov Sumsel Vaksin
Muba Bayar Pajak

Indonesia Bantu Palestina Atasi COVID-19

Jakarta,koranindonesia.id-Indonesia berkomitmen membantu Palestina dalam menangani pandemi COVID-19 senilai US$2,3 juta atau sekitar Rp32 miliar.

Komitmen itu disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam keterangannya, Kamis (11/2/2021).

Menurut Menlu, saat ini pemerintah Indonesia sedang melakukan komunikasi yang erat dengan otoritas Palestina, UNWRA (Badan Pekerjaan dan Pemulihan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi Palestina), dan ICRC (Komite Internasional Palang Merah).

Selain bantuan dana tersebut, Indonesia juga  memastikan ketersediaan pasokan vaksin COVID-19 yang adil dan setara untuk Palestina.

“Sebagai salah satu co-chair dari Covax AMC Engagement Group, di urutan terakhir kami juga membahas soal pentingnya memastikan akses dan distribusi yang adil dan setara vaksin untuk rakyat Palestina,” kata Menlu Retno.

Selain itu, Menlu mengimbau Palestina terus bekerja sama menjaga kondisi yang kondusif.

Sebelumnya, Menlu Retno Marsudi mengatakan pada  2021  semua pihak harus bekerja keras agar perdamaian antara Palestina dan Israel terjadi.

Menurut Menlu, posisi prinsip Indonesia dalam perjuangan Palestina tetap kokoh dan tidak berubah.

“Dukungan Indonesia terhadap penderitaan Palestina akan selalu didasarkan pada Resolusi Dewan Keamanan PBB dan parameter yang disepakati secara internasional, termasuk solusi dua negara,” katanya.

Menlu menegaskan, pihaknya juga kembali menjajaki kemungkinan pembicaraan jalan damai dan negosiasi yang harus segera dilanjutkan.

“Saya juga menegaskan tentang pentingnya persatuan dan soliditas Palestina. Ini menjadi lebih penting menjelang pemilihan presiden dan parlemen yang direncanakan di Palestina,” tambahnya. (YDR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.