Banner sumsel

Ilkom Unsri Gelar Pelatihan Jurnalistik TV

 

INDRALAYA, koranindonesia.id— Telah berlangsung Pelatihan Dasar Jurnalistik TV yang diadakan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Driwijaya (Unsri).

Pelatihan ini merupakan lanjutan dari rangkaian acara Caution (Communication and Education) yang sebelumnya mengadakan pelatihan kehumasan dan dilaksanakan ditempat yang sama yaitu di Gedung B Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik (FISIP) Kampus Indralaya.

Pelatihan ini sendiri disampaikan langsung oleh Purwantoro selaku produser Kompas TV Palembang, Selasa (22/10).

Dalam materi yang disampaikannya, Purwantoro menjelaskan produk jurnalistik sekilas memiliki persamaan dengan produk humas karena sama-sama mencakup audiens yang luas, “Bedanya produk jurnalistik diciptakan utama demi kepentingan publik,” ungkapnya.

Selain itu ia juga membahas perbedaan jurnalistik TV dengan jurnalistik cetak meskipun keduanya sama-sama berada di rana jurnalistik. “Dalam jurnalistik TV ada keunikan pada gaya bahasa yang disampaikan haruslah mudah dipahami audiens, selain itu editor memiliki peran penting dalam penyaringan konten yang akan disebarluaskan ke publik baik dari segi gambar, teks, dan tata bahasa,” jelasnya.

Fito Fransdana, salah satu peserta pelatihan mengaku tertarik untuk mengikuti pelatihan ini karena ingin tahu pengalaman langsung dari yang telah bekerja dilapangan. “Lebih tertarik pada cerita pengalamannya selama bekerja, jadi kita bisa tahu apa saja kiat-kiat menjadi seorang jurnalis berdasarkan ceritanya,” ungkap Fito.

Lebih jauh , Purwantoro pun menyampaikan pesan kepada seluruh peserta Pelatihan Jurnalistik TV. “Peristiwa terbaik tergambar jelas oleh mata tetapi tulislah peristiwa tersebut menjadi sebuah karya jurnalistik agar publik tahu peristiwa apa saja yg terjadi tanpa sepengetahuan mereka.” Tutupnya. (Feb)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.