Bhintan Shalawat

Ikan Belido Langka, Dinas Perikanan Bakal Sebar 100 Ribu Ekor Bibit

PALEMBANG, koranindonesia.id-Guna mengatasi kelangkaan ikan Belido di Sungai Musi, Dinas Perikanan Kota Palembang mengusulkan bantuan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) 100 ribu ekor bibit untuk disebar ke sungai Musi.

Kepala Dinas Perikanan Kota Palembang, Aprizal Hasyim mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan dan telah mendapatkan balasan surat dari kementerian persetujuan bantuan 100 ribu ekor bibit ikan Belido.

Aprizal mengatakan, ikan Belido di Sungai Musi bukan habis tapi nyaris punah. Sebab berdasarkan laporan dari 800 nelayan tangkap Palembang dalam satu tahun terakhir tidak menemukan ikan Belido lagi.

“Berdasarkan laporan nelayan tidak menemukan lagi Ikan Belido di Sungai. Makanya kita minta bantuan kepada kementerian,” katanya, Kamis (14/3/2019).

Banyak faktor yang menyebabkan sulit ditemukannya ikan Belido terutama di perairan Sungai Musi. Ini sebabkan faktor manusia yang tidak bertanggung jawab seperti mengambil ikan dengan cara setrum, juga bisa karena limbah.

“Belido ini icon Palembang, kita sudah bentuk tim untuk pengawasan dengan dibantu aparat hukum, sehingga pengambil ikan dengan cara yang salah akan kena sanksi,” jelasnya.

Untuk melestarikan ikan Belido selain dengan restoking, Dinas Perikanan juga melakukan pembibitan Belido di Balai Benih Ikan (BBI) Palembang. Pihaknya sedang menyiapkan SDM internal dan eksternal seperti bekerja sama dengan pembibitan yang sudah sukses seperti Balai Benih Ikan Aceh dan Kalimantan.

“Kita sedang siapkan BBI kita yang sedang akan direhab, kebetulan ada bantuan dari kementerian. 2020 kita mulai pembibitan,” katanya. (Iya)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.