Banner sumsel

Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sumsel Diperkirakan Berakhir Mei

PALEMBANG, koranindonesia.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Palembang memastikan Sumatera Selatan (Sumsel) saat ini masih mengalami peralihan cuaca dari musim hujan ke kemarau yang ditandai dengan hujan lebat. Hal tersebut diungkapkan Kasi Informasi dan Data BMKG Kelas I Palembang, Nandang, Jumat (26/4/2019).

Maka tidak heran jika beberapa titik di Kota Palembang terendam banjir. Lantaran Sumsel saat ini sudah memasuki masa musim peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. “Biasanya ditandai arah angin yang berubah-ubah, hujan lebat disertai petir, angin kencang secara tiba-tiba, panas terik dalam dua hingga empat hari lalu hujan kembali,” jelasnya.

Kondisi serupa juga katanya, terjadi di kabupaten kota lainnya di Sumsel. Nandang mengatakan, sejak 10 tahun terakhir  Provinsi Sumsel pada bulan April masih mendapatkan curah hujan yang cukup tinggi mencapai 200 mm – 350 mm.

“Kami perkirakan Bulan Mei nanti curah hujan di Sumsel akan mulai menurun seiring dengan masuknya awal musim kemarau yang kami perkirakan masuk di bulan Juni,” katanya.

Sementara menanggapi seringnya banjir di Palembang saat hujan deras, Kepala Dinas PUPR Kota Palembang, Ahmad Bastari Yusak mengatakan, pihaknya sudah menemui pihak Pemprov Sumsel untuk membahas banjir dan berkoordinasi untuk tindakan selanjutnya.

Bastari mengatakan, kolam retensi yang ada saat ini difungsikan sebagai penampung air yang disalurkan dari saluran air atau drainase. Selain jumlahnya yang belum ideal, kapasitas saluran air pun tidak maksimal. “Hal inilah yang membuat banyaknya titik genangan atau yang sering disebut orang Palembang yaitu banjir,” katanya.

Menurutnya, air yang mengalir di drainase tidak sebanding dengan kapasitasnya. Sehingga perlu dibebaskan dengan memperbesar saluran air. Salah satunya seperti saluran air mulai dari Charitas, Kantor Gubernur, Pengadilan Agama hingga ke Sungai Baung, perlu dibongkar dan diperbesar. (Iya)

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.