Hore, THR PNS Cair 24 Mei Nanti

JAKARTA, koranindonesia.id – Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dipastikan bakal cair, informasi dari Kementerian Keuangan menyatakan THR dibayarkan pada 24 Mei 2019.

Menteri Keuangan Sri Mulyani di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Rabu (8/5/2019) mengatakan, THR akan direalisasikan 24 Mei 2019. Dijelaskannya pula, total anggaran THR yang bakal dicairkan oleh Kementerian Keuangan tahun ini sebesar Rp20 triliun.

“Presiden Jokowi sudah menandatangani Peraturan Pemerintah mengenai pencairan THR,” ungkapnya kepada wartawan, di Jakarta, Rabu (8/5).

Ditambahkannya, peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang menjadi landasan pencairan THR akan diterbitkan hari ini. Sesudah itu seluruh kementerian/lembaga dan daerah sudah bisa mulai melakukan proses untuk mengajukan.

“Pada awal April 2019, PNS mendapatkan kenaikan gaji sebesar 5%. Kenaikan gaji tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15/2019 tentang Perubahan Kedelapan Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7/1977 tentang Peraturan Gaji PNS,” jelasnya.

Mengacu kenaikkan dalam PP baru tersebut, dapat dipastikan perolehan THR per individu tahun ini, bakal meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Sebab, dalam Peraturan Pemerintah Nomor 20/2018 tetang Pemberian THR Tahun Anggaran (t.a) 2018 Kepada Pimpinan dan Pegawai Non Pegawai Negeri Sipil pada Lembaga Non-Struktural disebutkan bahwa besaran THR paling besar saat itu bisa mencapai hampir Rp25 juta.

“Pada tahun ini, bisa saja besaran THR yang diterima lebih tinggi, karena ada penambahan komponen-komponen baru seperti tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, hingga tunjangan kinerja,” tandasnya.
(erw)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.