BANNER Dukung 5m
Banner pemprov Sumsel Vaksin

HNW Ingatkan Rekruitmen Guru Agama Jangan Cuma Janji Kosong

JAKARTA, koranindonesia.id – Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) mengapresiasi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim telah memasukkan guru agama dalam program rekrutmen satu juta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021.

Menurutnya, sikap akomodatif Mendikbud tersebut sesuai dengan sila ke dua dan ke lima Pancasila.

“Itu penting saya ingatkan, sebab sudah beberapa kali kebijakan yang dikeluarkan seolah-olah tak menghiraukan hal tersebut,” kata politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Jakarta, Minggu (14/3/2021).

Sebagai anggota Komisi VIII, HNW mengaku sempat menyampaikan kepada Kementerian Agama (Kemenag) baik secara langsung maupun melalui pernyataan tertulis terkait adanya ketidakadilan terhadap guru agama, serta keresahan Asosiasi Guru Agama yang tidak dimasukkan dalam program Rekrutmen PPPK 2021.

Selain itu, HNW juga mengingatkan bahwa lebih dari 80% pendidikan keagamaan diselenggarakan oleh sektor swasta, sehingga alokasi rekrutmen PPPK bagi guru agama harusnya juga bisa diakses oleh guru honorer di pendidikan keagamaan swasta.

Lebih jauh, terkait dipenuhinya tuntutan alokasi PPPK, HNW meminta Kemenag agar serius mengawal janji Kemendikbud tersebut. Salah satu bentuknya dengan segera melakukan pendataan jumlah guru agama dengan status honorer di berbagai sekolah di Indonesia.

“Itu perlu dilakukan agar pernyataan dan janji Mendikbud tak sekedar basa-b asi apalagi PHP (pemberian harapan palsu), tapi benar-benar terwujud secara adil, baik dan benar,” ujarnya.

Ke depannya, HNW berharap Mendikbud harus lebih mengintegrasikan kebijakannya sesuai ketentuan konstitusi termasuk menghadirkan keadilan.

“Saya harap Kemenag fokus mengawalnya dan nanti bila diterima dalam program rekrutmen itu, maka guru agama  tidak dipindahkan ke sekolah negeri, melainkan tetap mengajar di madrasah swasta tempat mereka selama ini mengajar,” pungkasnya.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.