Banner sumsel

Hindari Kecurangan Pedagang, Pemkot Gelar Tera Ulang di Pasar

PALEMBANG, koransumatera.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Perdagangan Kota Palembang kembali melakukan tera ulang timbangan pasar di Pasar Palimo (KM5), tera ulang ini dilakukan guna menghindari adanya kecurangan serta meminimalisir kerugian akibat kelalaian yang dilakukan oleh pedagang.

Tera ulang yang dilakukan secara bertahap tersebut juga melibatkan Perusahaan Daerah (PD) Pasar Palembang Jaya dan dihadiri langsung Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda serta membuka langsung tahapan tera ulang yang diadakan di halam parkir pasar Palimo Palembang hari ini, Kamis (1/2/2018).

“Tera ulang yang dilaksanakan hari ini merupakan kelanjutan dari kegiatan tera ulang yang dilaksanakan Dinas Perdagangan Kota Palembang, dimana tahun ini sudah dua pasar yang dilaksanakan tera ulang,” jelasnya.

Fitri mengatakan, kegiatan tera ulang ini dilakukan sebagai bentuk pembinaan yang dilakukan Pemkot Palembang terhadap para pedagang. Dimana, tera ulang akan dilakukan di seluruh pasar yang ada di Kota Palembang.”Kalo tidak salah pasar di Kota Palembang ada sekitar 40 pasar. Tera ulang ini akan dilakukan secara berkala,” ujarnya.

Kegiatan tera ulang yang dilakukan ini, merupakan cara Pemkot Palembang dalam melindungi pembeli dan pedagang saat bertransaksi di pasar sehingga tidak ada yang dirugikan dalam transaksi dan timbangan yang ada di pasar semuanya pas.”Kadang-kadang ini terjadi karena kelalaian pedagang. Tapi ada juga yang sengaja bersikap curang. Tapi jika memang pedagang sengaja bersikap curang, maka akan ada sanksi dari hal tersebut,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang, Hardayani menyampaikan kalau kegiatan tera ulang ini dilakukan setiap enam bulan sekali. Dimana, tim dari Dinas Perdagangan akan berkeliling kepasar-pasar dan melakukam pengecekan terhadap timbangan milik pedagang.”Sebenarnya jadwalnya enam bulan sekali, tapi kita toleransi satu tahun sekali,” jelasnya.

Reporter : Ria Amelia

Editor       : Mella

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.