Banner Pemprov 2020
Banner september

Hindari 6 Makanan yang Dapat Memperparah Nyeri Haid

Jakarta,KoranIndonesia.id-Selama menstruasi, sebagian perempuan mengalami peningkatan nafsu makan. Sah-sah saja jika kamu jadi lebih banyak makan. Kendati demikian, bukan berarti kamu bisa asal makan. Sebab, beberapa jenis makanan dapat memperparah nyeri perut yang biasa dialami saat mentruasi versi idntimes.com :

1. Makanan tinggi gula

Menurut laman Livestrong, konsumsi makanan tinggi gula selama haid dapat mengganggu kadar gula darah alami tubuh. Ini dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang intens dan tensi tubuh, yang memicu nyeri haid yang semakin parah.

Sebaliknya, membatasi atau bahkan menghindari makanan tinggi gula selama datang bulan akan membantu menstabilkan suasana hati bahkan mengurangi kram.

2. Gorengan

Selama menstruasi, pastikan  menghindari makanan yang digoreng, seperti donat, kentang goreng, ayam krispi, dan yang sejenisnya. Sebab, menurut penelitian dari University of North Carolina yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, makanan yang digoreng sebenarnya dapat menyebabkan peradangan, yang kemungkinan terkait dengan peningkatan rasa sakit selama menstruasi. Selain itu, kamu bisa mengurangi kram menstruasi dengan memilih camilan yang bebas lemak

3. Produk susu

Terlalu banyak mengonsumsi produk-produk berbasis susu, seperti keju, es krim, dan yogurt selama menstruasi dapat menyebabkan kram menstruasi semakin memburuk. Bahkan, dikutip dari laman Healthline, susu dapat menyebabkan kembung, sering buang gas, dan diare, yang bisa membuat perut makin tidak nyaman.

4. Daging merah

Menurut penelitian dalam jurnal Gynecological Endocrinology, konsumsi daging merah saat menstruasi bisa membuat kram menstruasi semakin intens. Terlebih, karena daging merah biasanya mengandung lemak jenuh, makan daging merah berlemak dapat menyebabkan peradangan di tubuh yang memicu kram.

Sebagai gantinya, makanlah ikan yang mengandung minyak baik selama datang bulan, seperti ikan salmon, karena ikan ini dipenuhi dengan nutrisi sehat yang dibutuhkan tubuh.

5. Makanan tinggi garam

Selain kram, sebagian perempuan juga mengalami kembung dan retensi air saat menstruasi. Konsumsi makanan tinggi natrium dapat meningkatkan rasa kembung dan tidak nyaman yang sudah ada.

Menurut laman Bustle, beberapa perempuan melaporkan penurunan rasa ketidaknyamanan ketika mengurangi asupan natrium saat datang bulan. Oleh karena itu, cobalah menjauhi makanan tinggi garam saat menstruasi, seperti keripik, kentang goreng, makanan cepat saji, dan makanan kaleng.

6. Alkohol

Menurut laman The New York Times, konsumsi alkohol pada perempuan dapat menyebabkan nyeri haid berkepanjangan dan memperburuk gejala PMS. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari konsumsi alkohol mulai dari beberapa hari menjelang datang bulan dan selama periode datang bulan.

Jadi, untuk mengurangi nyeri haid, pastikan kamu menghindari makanan di atas selama datang bulan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.