Banner sumsel

Herman Deru Sarankan Sebagian Dana Kelurahan Dialokasikan untuk Kelestarian Lingkungan

Gubernur Sumsel Buka Musyawarah Komisariat APEKSI Sumbagsel 2019

LUBUK LINGGAU,koranindonesia.id – Gubernur Sumatera Selatan menghadiri Pembukaan Musyawarah Komisariat Wilayah II Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Sumatera Bagian Selatan  (Sumbagsel) 2019 dengan tema “Optimalisasi Penggunaan Dana Kelurahan” di Ballroom Hotel Dewinda Kota Lubuk Linggau, Senin (28/4/2019) malam.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru  dalam sambutannya memberikan apresiasi pada jajaran Pemerintah Kota Lubuk Linggau yang telah berani menggelar agenda setingkat nasional. Terlebih daerah ini sudah ditopang dengan keberadaan Bandara Silampari.

“Kota menjadi etalase dari sebuah provinsi. Orang akan melihat provinsi dari kotanya. Maka ini menjadi tanggung jawab besar bagi para walikota,” tegas Herman Deru.

Dia juga sepakat dengan Ketua APEKSI yang memperjuangan dana kelurahan.  Mengingat kelurahan yang ada di daerah luar pulau Jawa mendapatkan porsi besar.

“Saya juga sebagai gubernur merestui pak Prana Walikota Lubuk Linggau menjadi Ketua APEKSI Wilayah II Sumatera Selatan,” tegas Herman Deru.

Mantan Bupati OKU Timur dua periode ini juga berpesan pada para walikota di Sumsel untuk mengalokasi dana kelurahan untuk keleslarian hutan dan sungai. Khususnya ntuk Kota Lubuk Linggau kawasan hutannya mencapai 6000 hektar.

“Kita harus memperhatikan kelestarian alam ini. Jangan sampai rusak. Karena inilah yang dapat kita wariskan pada anak cucu kita nanti,” imbuhnya.

Herman Deru juga mengaku bangga dengan sejumlah Walikota di Sumsel yang telah mensukseskan jalannya Pemilu 2019 lalu.

“Terimakasih pada para walikota yang telah mensukseskan Pemilu lalu. Keamanan dan kondusifitas wilayah tetap terjaga hingga saat ini,” tandasnya.

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany sebagai Ketua APEKSI periode 2016-2020 dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Ketua APEKSI Syarif Pasha yang merupakan Walikota Jambi menegaskan, APEKSI beranggotakan 98 Walikota di Indonesia. Dan 10 Walikota masuk dalam APEKSI wilayah II.

Tujuan dari kegiatan ini lanjut dia untuk  mencari formatur kepengurusan baru.  Meminta para perwakilan dari para  Walikota untuk menujuk Ketua. kemudian APEKSI juga memperjuangan agar kelurahan yang ada di kota dapat kucuran dana kelurahan sebagaimana desa telah mendapatkan kucuran dana desa.

“Agenda APEKSI yang kita nilai.mendesak adalah memperjuangkan agar kelurahan juga mendapatkan kucuran dana dari APBN. Sebagaimana desa mendapatkan dana desa,” jelasnya.

Dia juga mengucapkan terimakasih pada Pemkot Lubuk Linggau yang dinilai sukses menjadi tuan rumah Musyawarah Komisariat Wilayah II Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Sumatera Bagian Selatan Tahun 2019.

“Saya kita kita sepakat melalui forum ini menunjuk Walikota Lubuk Linggau SN Prana Putra  Sohe sebagai ketua APEKSI Wilayah II Sumbagsel,” tegasnya.

Sementara itu sebelumnya Walikota Lubuk Linggau SN Prana Putra Sohe dalam kata sekapur sirihnya mengucapkan selamat datang pada para Walikota di Wilayah II Sumbagsel yang berkenan hadir.

“Selamat datang para Walikota Wilayah II Sumbagsel. Dan. Mohon pada pak gubernur dapat membuka kegiatan ini,” ucapnya.

Dia menegaskan melalui APEKSI  diharapkan agenda pembahasan  dana kelurahan mulai dari proses perencanaan sampai pertanggungjawaban sehingga kedepan tidak terjadi kesalahan.

(rel)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.