Banner Pemprov Agustus

Herman Deru Inginkan Atlet  Berprestasi Ditingkat Nasional Merupakan  Putra Daerah Sumsel

 

PALEMBANG,koranindonesia.id – Guna menjaring  bibit atlet berprestasi dari penjuru Sumatera Selatan (Sumsel) untuk bertanding pada Pekan  Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Tahun 2023 mendatang, Pemprov Sumsel menggelar Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XVI tingkat Provinsi Sumsel tahun 2022 yang dibuka  oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru dipusatkan di  Dinning Hall Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Selasa (23/8).

Dalam arahannya Gubernur Herman Deru menegaskan, Popda merupakan salah satu  bentuk pembinaan olahraga dalam menjaring  para atlet muda berbakat dari seluruh penjuru Sumsel.

“Popda ini  sebagai seleksi dalam mencari bibit atlet  berprestasi dari seluruh pelosok daerah di Sumatera Selatan,” tegasnya.

Selain itu lanjut Herman Deru, selama  banyak para atlet dipelosok yang belum terjamah sehingga bakat yang dimiliki tidak tersalurkan.

“Saya minta para pembina olahraga di Sumsel  terus menggali bakat-bakat atlet yang ada di daerah berkoordinasi dengan dinas terkait sehingga pembinaan dapat dilakukan dengan baik,” tambahnya.

Herman Deru berharap kedepan atlet yang prestasi ditingkat nasional betul-betul putra/i Sumsel. Karena itu dia menekankan para  Bupati/ Walikota memaksimalkan pembinaan bagi para atlet mulai dari sekolah-sekolah.

“Kita bangga jika menjadi juara, tetapi akan lebih bangga lagi  jika atlet yang meraih juara tersebut merupakan putra/i daerah Sumsel,” harapnya.

Dia menilai ajang Popda XVI selain menjadi ajang kompetisi olahraga juga  menjadi sarana silahturahmi dan tukar pengalaman bagi para atlet.

“Ini harus dijadikan ajang bertukar pengalman sehingga atlet di Sumsel ini bisa sama-sama berkembang. Tujuan kita disini sama, yakni ingin mengharumkan nama Sumsel,” imbuhnya.

Terlebih Sumsel akan menjadi tuan rumah Popnas tahun 2023 dengan target Sumsel sukses sebagai penyelenggara serta sukses dalam prestasi.

“Sebagai tuan rumah Popnas di tahun 2023,  Sumsel harus sukses. Selain   sukses sebagai  penyelenggara juga sukses dalam meraih juara minimal masuk 10 besar terbaik,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadiknas)  Sumsel, Riza Fahlevi melaporkan, Popda digelar sebagai bentuk pembinaan bagi siswi berprestasi di bidang olahraga.

“Popda ini menjadi ajang menjaring atlet berbakat selain sebagai  pembinaan olahraga nasional,” imbuhnya.

Dia merinci pada Popda kali ini mempertandingkan  24 cabang olahraga dengan peserta dari kalangan  pelajar dari  berbagai tingkatan sekolah di Sumsel.

Untuk diketaui  pada pembukaan Popda XVI Sumsel tersebut ditandai dengan penyulutan api  obor oleh Gubernur Herman Deru sehingga menambah semarak pesta olahraga pelajar tersebut.

(Ril)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.