Herman Deru Ingin Wujudkan Pasemah Air Keruh Jadi Lumbung Pangan Empatlawang

EMPATLAWANG, koranindonesia.id – Kunker Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Herman Deru, pada Kamis (21/2/2019) petang diakhiri dengan silaturahmi dengan warga Desa Air Mayan, Kecamatan Pasemah Air Keruh, Kabupaten Empatlawang.

Gubernur Sumsel H Herman Deru menyatakan, 29.507 hektar luas sawah di kawasan Pasemah Air Keruh, jika dikelola dengan baik maka akan menjadi lumbung pangan saingan bagi Belitang.

Diakui Gubernur, keberhasilannya memajukan sektor pertanian di OKU Timur, membuahkan sejumlah penghargaan dari pemerintah pusat 7 kali mendapatkan penghargaan P2BN serta penghargaan tertinggi berupa bintang jasa Pratama dari Presiden.

“Jadi saya tidak main-main dengan masalah pertanian ini. Kalau nak buat saluran irigasi. Selama ada yang mau menanggung jawabnya, malam ini juga ku kirim alat berat. Daerah ini harus jadi lumbung pangan minimal dua kali panen dalam setahun,” sebutnya.

Herman Deru meminta, agar sektor pertanian di daerah ini digarap dengan baik. Sehingga hasil produksi meningkat malalui pembentukan kelompok tani. Untuk memudahkan mendapatkan bantuan handtraktor, penyaluran pupuk dan sarana produksi lainnya.

“Jika masyarakat ingin ikrarkan. Daerah ini harus menjadi lumbung pangan. Menekan angka kemiskinan itu yang tercepat melalui peningkatan sektor pertanian,” tambahnya.

Gubernur juga berjanji akan memajukan sektor peternakan melalui bantuan pemberian sapi. Melalui kelompok. Masalah keamanan juga menjadi hal penting yang tidak bisa dipisahkan.

Sejumlah penyebab terjadinya kejahatan karena kesempatan. Karena itu kesempatan harus ditutup. Niat lebih dikarenakan masalah moral. Pencegahannya tidak cukup dibebakan pada aparat kepolisian. Namun harus juga ada peran dari kalangan orang tua dan masyarakat.

“Aku tidak mau dengar ada warga sini yang terlibat dengan narkoba,” tambahnya.

Tokoh masyarakat setempat Drs Anan Cikali dalam sambutannya meminta pengingkatasn akses jalan diwilayah setempat. Serta perbaikan saluran irigasi aor mayang. Namun di pasemah air keruh ada lagi irigasi uang akan mengairi sawah di lima desa.

“Mohon ada rehab bagian salur an iritasi yang banyak rusak dari BK 0 hingga BK 10. Sehingga akan bermanfaat untuk pengairan sawah. Selain itu masalah listrik juga menjadi permasalahan di daerah ini,” harapnya.

Wilayah Empatlawang yang berbukit, lanjut Herman Deru menjadi tantangan tersendiri bagi bupatinya. Karena itu dia meminta Bupati Joncik Muhammad untuk tabah dan tetap semangat dalam melakukan pembangunan di Empatlawang.

Sementara itu Bupati Empatlawang Joncik Muhammad dalam sambutannya mengajak seluruh warga untuk mendukung program pemerintah. “Mari kita dukung program pak Gubernur,” harapnya.
(ali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.