Banner Pemprov Agustus

Herman Deru Apresiasi Warga Desa Betung Barat, Bangun Gedung Olahraga Secara Swadaya

 

PALEMBANG,koranindonesia.id – Masyarakat yang berada di Desa Betung Barat Kecamatan Abab Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) patut bersyukur. Sebab upaya masyarakat untuk membangun gedung olahraga di desanya dapat terwujud.

Terlebih, pembangunan gedung tersebut karena swadaya masyarakat setempat.

“Berdirinya gedung ini merupakan karunian besar bagi masyarakat. Tentunya berbagai kegiatan masyarakat di desa ini dapat dilakukan disini,” kata Gubernur Sumsel H Herman Deru saat meresmikan putaran keling sport centre di Desa Betung Barat, Rabu (5/10).

Menurutnya, pembangunan gedung tersebut merupakan bukti kemandirian masyarakat sekitar.

“Sekitar 3500 desa di Sumsel ini. Namun belum semua desa punya kemandirian dalam hal apapun. Kemandirian tersebut justru dimiliki desa Betung Barat ini. Baik kemandirian dalam semangat, maupun kemandirian dalam membangun,” tuturnya.

Bahkan, lanjutnya, kemandirian tersebut juga harus dilengkapi dengan kemandirian dalam sektor pangan.

“Sebab itu, saya memiliki ide Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP). Grakan tersebut, agar masyarakat memiliki kemandirian dalam memenuhi kebutuhan pangan pokok selain beras dengan cara menghasilkannya sendiri sendiri,” terangnya.

Cara itu, lanjutnya, tentu akan berdampak besar bagi ekonomi masyarakat.

“Inflasi itu terjadi karena kadang-kadang terjadi karena bahan pangan kecil seperti ini. Untuk itulah, kita harus ubah polanya melalui GSMP inj. Manfaatkan perkarangan rumah untuk menghasilkan pangan seperti cabai, memmelihara ikan dan lainnya, sehingga kebutuhan kecil itu kita tidak perlu membelinya lagi,” paparnya.

GSMP yang digagas Gubernur Herman Deru memang merupakan salah satu cara untuk mengendalikan inflasi.

Hal itu dibuktikan dengan dinobatkannya Sumsel sebagai salah satu dari 10 provinsi di Indonesia yang berhasil mengendalikan laju inflasi.

“GSMP ini kurang lebih sudah satu tahun berjalan dan ini terbukti. Saat ini Sumsel masuk dalam 10 provinsi yang berhasil mengendalikan inflasi. Desa Berung Barat harus memulainya, untuk bibit silahkan minta perangkat desanya berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Sumsel,” sebutnya.

Diketahui, selain peresmian gedung olahraga tersebut, Gubernur Herman Deru juga membuka turnamen mobile legend di desa setempat. Hal itu, ditandai dengan pemukulan gong dan penandatanganan prasasti. Selain itu, Gubernur Herman Deru juga memberikan bantuan bibit untuk GSMP di desa tersebut.

Sementara itu, Wakil Bupati Pali Sumarjono mengatakan, diresmikannya langsung gedung olahraga tersebut Gubernur Herman Deru merupakan bentuk perhatian dan dukungan.

“Pak Herman Deru ini merupakan Gubernur yang paling sering ke kabupaten Pali. Artinya, kepedulian beliau terhadap Kabupaten Pali ini sangat luar biasa. Apalagi, saat ini pak Gubernur meluangkan waktunya untuk meresmikan langsung gedung ini, hal itu semakin membuktikan perhatiannya itu,” katanya.

Sebab itulah, Wabub berharap masyarakat mendukung setiap program yang diinisiasi Gubernur Herman Deru.

“Termasuk mendukung GSMP ini, karena gerakan itu berdampak baik bagi kesejahteraan. Kita harapkan setiap upaya yang berpihak bagi kesejahteraan masyarakat harus di dukung,” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan itu, Forkopimda Kabupaten Pali, Anggota DPRD Pali, serta para pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel dan Kabupaten Pali.

(ril)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.