Herman Deru Ajak Pengurus Masjid Sarul Ikhlas  Gelar Pelatihan Muazin dan Penyelenggaraan Jenazah

PALEMBANG,koranindonesia.id– Gubernur Sumsel H Herman Deru mengajak  umat muslim untuk terus memakmurkan masjid. Selain sebagai tempat ibadah keberadaan rumah ibadah umat Islam tersebut juga  dapat menjadi tempat pelatihan   atau kegiatan  kepentingan umat lainnya.

Salah satunya lanjut Herman Deru  perlu dilakukan pelatihan  bilal dan adzan. Termasuk juga perlu digelar pelatihan penyelenggaraan jenazah.

“Saya dengar adzan yang berkumandang di masjid ini sangat merdu. Yang semacam itu harus dikembangkan. Bila perlu buat pelatihan adzan sehingga bisa memiliki generasi penerus. Termasuk juga pelatihan memandikan jenazah. Itu juga penting, memandikan jenazah itu tidak sembarangan. Kemakmuran masjid merupakan tanggung jawab bersama,”  tegasnya saat memberikan sambutan dihadapan jemaah masjid Safari Jum’at di Masjid Darul Ikhlas, Kelurahan Sentosa Palembang, Jum’at (21/1).

Menurut Herman Deru kegiatan safari jumat yang digelarnya merupakan   hal penting bagi seorang pemimpin dalam membangun daerah. Sebab itu, kebijakan yang diambil seorang pemimpin harus dapat berdampak langsung bagi masyarakat luas.

Salah satunya melalui program Safari Jum’at. Selain untuk melakukan shalat Jum’at bersama umat muslim, langkah tersebut juga untuk menyerap langsung aspirasi dari daerah yang dikunjungi.

“Kebijakan itu tidak bisa dilakukan secara general karena setiap daerah itu berbeda-beda. Karena itu, agar kebijakan itu berdampak baik masyarakat, kita harus turun langsung ke lapangan,” kata Herman Deru.

Menurutnya, Safari Jum’at merupakan langkah yang cukup baik untuk memantau permasalahan yang terjadi di masyarakat.

“Jadi melalui safari Jum’at ini kita dapat mengetahui persoalan yang terjadi, seperti jalan yang tidak layak atau lainnya sehingga bisa cepat diatasi,” ujarnya.

Dia menyebut, langkah itu juga dilakukan untuk memantau perkembangan masjid yang ada di Sumsel.

Diketahui, pengembangan dan peningkatan masjid memang menjadi salah satu perhatian Gubernur Herman Deru. Dengan masjid yang nyaman, tentu akan membuat masyarakat semakin rajin beribadah.

“Apalagi Masjid Darul Ikhlas ini memiliki temapat yang strategis di tengah perkampungan penduduk. Peningkatan tentu memang harus dilakukan untuk menampung para jemaah,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Masjid Darul Ikhlas H Asmuri HM Asnawi mengaku, berbagai kegiatan keagamaan memang kerap dilakukan di masjid tersebut. Sebab itu, lebih menggeliatkan kegiatan keagamaan tersebut, peningkatan pun terus dilakukan.

“Kedatangan pak Gubernur menjadi motivasi kami untuk lebih meningkatkan masjid ini agar kegiatan di masjid ini dapat diperbanyak. Dukungan pak Gubernur tentu kami harapkan,” katanya.

Dia menuturkan, hingga saat ini pembangunan masjid tersebut menggunakan dana swadaya masyarakat dan jemaah.

“Perlahan-lahan masjid ini dilakukan peningkatan,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Herman Deru dan jajarannya memberikan sejumlah bantuannya untuk pembangunan masjid.

Turut hadir, Khotib dan Imam Mgs H Dencik Syiddiq, Anggota DPRD Sumsel M Yasser, Komisaris Utama BSB Eddy Junaidi, Ketua PWNU Sumsel KH Ammiruddin Nahrawi, Camat SU 1 Purba Sanjaya dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel. (Ril)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.