Hasil Survei Terbaru, Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga Terpaut 2 %

JAKARTA,koranindonesia.Id-Selisih elektabilitas Capres dan Cawapres petahana Jokowi-Ma’ruf Amin dan paslon penantang Prabowo Subianto-Sandiaga Uno kian menipis.

Terbaru, elektabilitas paslon nomor urut 02 mulai menempel ketat paslon nomor 01 dengan tingkat elektabilitas keduanya hanya beda tipis.

Hal ini berdasarkan survei internal Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, sebagaimana dinukil dari akun twitter pribadi Anggota BPN, Mardani Ali Sera, Kamis (31/1/2019).

Dalam postingannya, Mardani mengungkap hasil survei internal BPN, dimana per akhir Januari 2019 ini elektabilitas Prabowo-Sandi meningkat signifikan. Kini, elektabitas kedua Capres hanya berselisih 2 persen.

“#Internal. Alhamdulillah 44.54% vs 42.36% SW : 13.10 Selisih 1% geb 2%. Jika kita naik 1%, maka mereka turun 1% SW masih belum bergerak di angka 13%. Insya Allah pekan ini Cross. Berdoa & Berusaha #2019GantiPresiden,” cuit Mardani di akun twitter pribadinya, @MardaniAliSera dikutip koranindonesia.id di Jakarta, Jumat (1/2/2019).

Dengan masa kampanye yang masih menyisakan sekitar 2 bulan lagi dan perbedaan elektabilitas keduanya yang hanya berjarak 2 persen, bukan tidak mungkin Prabowo akan menyalip Jokowi di menit-menit akhir, yakni jelang pemungutan suara pada akhir Maret atau awal April 2019.

Mardani juga membandingkan survei internalnya tersebut dengan survei terakhir yang dilakukan oleh lembaga survei Puskaptis.

Pada survei Puskaptis, Survei yang dilakukan di 34 provinsi itu menunjukkan bahwa elektabilitas pasangan calon presiden dan wapres nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf sekitar 45,90%, sementara Prabowo-Sandi sekitar 41,80%.

“Survei eksternal ini hanya alat ukur dan semangat kerja, jangan terlalu dipercaya. Kami lebih percaya survei internal yang hampir cross. Bukan unggul tipis, tapi Sangat tipis. #2019GantiPresiden Terimakasih seluruh masyarakat, dukungan bagai gelombang yg terus bergerak membesar,” ungkap dia lagi.

Sebagai informasi, terjadi perubahan signifikan dalam survei yang dilakukan oleh lembaga survei dua edisi terakhir, dimana Prabowo-Sandi terus merangsak naik. Sedangkan petahana Jokowi-Ma’ruf cenderung menurun.

Sebelum Puskaptis merilis hasil survei, Lembaga sigi Media Survei Nasional (Median) mencatat selisih elektabilitas pasangan calon nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin dan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno kian menipis.

Hal itu merujuk pada hasil jajak pendapat Median per Januari 2019, yakni elektabilitas Jokowi-Ma’ruf kini sebesar 47,9 persen dan Prabowo-Sandiaga 38,7 persen. (Mar)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.