Banner Pemprov Agustus

Hari Pertama Penerapan Ganjil Genap, Pelanggar Hanya Diberi Teguran

JAKARTA, koranindonesia.id – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan sosialisasi penerapan ganjil-genap di masa perpanjangan ketiga PSBB transisi fase 1, Senin (3/8/2020).
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan bahwa tiga hari pertama Ganjil Genap, masyarakat yang melanggar masih diberikan teguran.

“Karena ini hari pertama pemberlakuan Ganjil Genap, untuk 3 hari pertama ini jika ada yang melanggar itu belum ada penindakan, tapi baru kita adakan peneguran. Tetap kendaraannya kita hentikan dan kita beritahukan bahwa Ganjil Genap sudah berlaku,” kata Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, Senin (3/8/2020).

Sambodo Purnomo Yogo juga menuturkan jika pelanggar nantinya akan dikasih selembaran mengenai penerapan Ganjil Genap dan satu buah masker.

“Ini juga karena merupakan pencegahan dari pandemi Covid-19. Nanti setelah masa sosialisasi hari Kamis di tanggal 6 seiring dengan operasi patung baru kami melaksanakan penindakan secara tilang, baik tilang manual, artinya dengan menggunakan anggota di lapangan maupun menggunakan tilang elektronik menggunakan kamera ETLE,” ujarnya.

Selain itu, Polda Metro Jaya juga melakukan sosialisasi lain kepada para pengendara dengan membuat meme, kampanye baik di media sosial dan media online untuk memberitahukan bahwa Ganjil Genap sudah berlaku.

Sambodo Purnomo Yogo melanjutkan, di hari pertama ini masih ada sejumlah kendaraan yang belum mengikuti aturan.
“Hasil pantauan Kami memang hari ini masih cukup banyak dari setiap fase lampu merah, karena kita kan fokusnya di lampu merah, ketika fase lampu merah paling tidak ada 1 atau 2 kendaraan yang memang masih belum sesuai dengan tanggalnya,” katanya.

Jika nantinya pada Kamis 6 AGustus 2020 penindakan Ganjil Genap sudah diterapkan, pengendara yang melanggar akan mendapat denda.

“Nanti ketika sudah mulai diberlakukan kepada para pelanggar ini, kita akan kenakan pasal 287 ayat 1 pelanggaran rambu dengan denda maksimal Rp500 ribu rupiah atau pidana kurungan paling lama 2 bulan,” katanya.

Di lokasi, ada sejumlah kendaraan yang diberhentikan petugas. Kemudian petugas memberitahukan pelanggaran apa yang pengendara terima.

Lalu saat melakukan peneguran ini, mereka memberikan imbauan dan peringatan jika Ganjil Genap akan diberlakukan tertanggal 6 Agustus mendatang.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.