Banner pemprov Sumsel Vaksin
Muba vaksin maret 2021

Hari Pers Nasionall 2021, Ini Harapan Ketua DPR RI Puan Maharani

JAKARTA, koraninonesia.id – Dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021, Ketua DPR RI Puan Maharani berharap pers dapat menjadi sumber inspirasi untuk bangkit dari pandemi.

“Kami mengucapkan selamat Hari Pers Nasional 2021 kepada seluruh insan pers. Pers harus jadi sumber inspirasi untuk bangkit dari pandemi,” ujar Puan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/2/2021).

Hal itu menurut Puan dapat dilakukan dengan cara menyiarkan berita secara akurat dan menggugah persatuan terkait upaya menangani Covid-19.
Karenanya, dia sangat berharap pers dapat menjalankan peran mengedukasi masyarakat dan menangkal hoaks tentang Covid-19 agar tidak menyesatkan masyarakat.

“Misalnya kebohongan-kebohongan tentang vaksinasi. Pers ikut memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang perlunya vaksinasi untuk melawan pandemi,” terangnya.

“Pers tetap kritis mengawal proses vaksinasi, terutama kecepatan program vaksinasi agar herd immunity (kekebalan komunal) segera tercapai,” sambungnya.

Politisi PDI Perjuangan itu menambahkan, selain mengedukasi masyarakat tentang pentingnya vaksinasi Covid-19, pers juga diharapkan terus mengingatkan masyarakat untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan. Hal tersebut sesuai dengan karakter pers Indonesia sebagai pers perjuangan.
“Tentu saja pers harus terus mengingatkan masyarakat agar terus mematuhi protokol kesehatan. Dengan pengawasan pers terhadap program imunisasi dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan, pers bisa menjadi akselerator kebangkitan melawan pandemi,” tegasnya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo menyebut pandemi membuat pers Indonesia berjuang di dua medan sekaligus.
Yakni pandemi sekaligus harus tetap mengemban tanggung j awab menyampaikan informasi dengan benar termaksud Covid-19.
“Pandemi yang imbasnya menimpa dunia pers sendiri dan tanggung jawab sebagai penjernih informasi di tengah lautan berita yang beredar di masyarakat,” kata Jokowi di akun Instagramnya @jokowi yang dikutip AKURAT.CO pada Selasa (9/2/2021).

Kata Jokowi, bagi pemerintah, pers telah menjadi suluh yang menerangi dan membuka pikiran.
“Serta menyingkap segala informasi yang benar dari sumber terpercaya mengenai Covid-19 dan vaksinasi massal yang sudah kita mulai,” kata dia.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.