Banner Pemprov Agustus

Hadapi Resesi Global, Pemerintah Harus Prioritaskan UMKM

JAKARTA, koranindonesia.id – Anggota Komisi XI DPR RI Anis Byarwati mengatakan bahwa pemerintah harus memprioritaskan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai upaya menghadapi resesi global.

Ia mengatakan bahwa untuk menghadapi resesi, tidak cukup dengan mengandalkan bantuan sosial saja tetapi juga harus menggaungkan dunia usaha.

“Menghadapi resesi itu tidak hanya dengan bantuan sosial, bantuan itu sifatnya sementara, setelah itu bagaimana?. Kita juga harus menggaungkan dunia usaha seperti UMKM,” kata Anis dalam keterangan tertulisnya,  Rabu (19/10/2022).

Menurutnya Politisi Fraksi PKS ini, perhatian pemerintah terhadap pelaku UMKM masih kurang. Anis menegaskan bahwa untuk meningkatkan eksistensi pelaku UMKM, pemerintah perlu untuk mengulurkan tangan lebih dahulu kepada para pelaku untuk kemudahan aksesnya.

“Perhatian kita ke UMKM hanya baru sekedar narasi, walaupun banyak yang mengurus tapi itu tidak terkoordinasi. Padahal, kalo usaha ekonomi masyarakat ini digerakkan, itu akan menopang secara baik perekonomian Indonesia,” tambahnya.

Anis juga menilai pentingnya peran UMKM dalam keberlangsungan ekonomi masyarakat dan merupakan tulang punggung perekonomian, untuk itu pemerintah diminta untuk memberikan kemudahan akses permodalan untuk para penggiat UMKM.

“Kita harus menguatkan UMKM, berikan mereka akses yang lebih banyak, berikan mereka kemudahan pinjaman. Saya pikir salah satu masalah mereka sulit berkembang karena permasalahan modal, maka dari itu pemerintah harus memanfaatkan koperasi, BUMDes atau lembaga yang dekat dengan masyarakat dan memberikan mereka bantuan modal,” tutupnya.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.