Banner pemprov Sumsel

Hadapi Era Pendidikan 4.0, Ini Langkah Disdik OKU

BATURAJA, koranindonesia.id – Menghadapi tantangan besar Revolusi Industri 4.0, maka dunia pendidikan dituntut untuk mampu mengiringinya. Termasuk pendidikan pada jenjang dasar dan menengah. Era pendidikan yang dipengaruhi oleh revolusi industri 4.0, ini disebut Pendidikan 4.0.

Nah, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) sadar akan hal ini. Dalam menghadapi era pendidikan 4.0 itu, Disdik OKU bakal memanfaatkan teknologi digital dalam proses pembelajaran.

Kepala Disdik OKU Teddy Meilwansyah menyatakan, pihaknya akan membuat beberapa aplikasi yang memberikan kemudahan bagi para guru dan para siswa. Hal ini menurut Teddy, sudah mereka koordinasikan dengan stakeholder pendidikan yang ada di Kabupaten OKU.

“Dengan digitalisasi ini, Disdik OKU akan segera mewujudkan pendidikan milenial berbasis digital. Seperti diketahui, bahwa Pendidikan 4.0 merupakan pendidikan yang bercirikan pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran atau dikenal dengan sistem siber (cyber system). Sistem ini mampu membuat proses pembelajaran dapat berlangsung secara berkesinambungan tanpa batas ruang dan batas waktu,” katanya kepada wartawan, Senin (13/5/2019).

Namun, era Pendidikan 4.0 ini juga merupakan tantangan yang sangat berat dihadapi guru. Oleh karena itu, guru juga diharapkan dapat terus belajar meningkatkan kompetensi sehingga mampu menghadapi peserta didik generasi milenial.
(tin)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.