Banner sumsel

H-4 Lebaran, Arus Mudik dari Pelabuhan Merak Lancar dan Aman

MERAK, koranindonesia.id – Arus mudik melalui Pelabuhan Merak yang merupakan salah satu pintu gerbang dari pulau Jawa menuju Sumatera terpantau berjalan lancar dan aman. Hal tersebut disampaikan Menhub saat tiba di Pelabuhan Merak, Banten, Senin (11/6/2018).

“Kemarin saya sudah meninjau kesiapan arus mudik di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Hari ini giliran meninjau Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Bakauheni. Saya lihat dari udara tadi arus mudik berlangsung lancar dan aman,” ujar Menhub Budi Karya dilansir dari laman dephub.go.id.

Lebih lanjut Menhub meminta, kepada yang bertugas selama angkutan lebaran untuk tetap siaga dan fokus sampai masa angkutan lebaran selesai nanti agar angkutan lebaran tetap berjalan lancar sesuai yang diinginkan.

“Seluruh yang bertugas harus tetap siaga dan fokus, kita tidak boleh lengah karena keselamatan, keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam melakukan mudik lebaran tetap harus menjadi prioritas,” imbuh Menhub.

Di saat bersamaan Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian mengatakan sampai saat ini pergerakan penumpang dan kendaraan pribadi baik itu motor maupun mobil dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni baru sekitar 30%.

“Saat ini baru 30% yang melintasi Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, artinya masih ada 70% lagi yang belum melintas. Ada 2 kemungkinan yang 70% belum melintas yaitu kemungkinan berpindah ke moda transportasi udara dan masyarakat masih menunggu libur karena terutama Karyawan swasta,” kata Kapolri.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani saat meninjau langsung kesiapan jalur mudik lebaran tahun 2018 di pelabuhan Merak dan Bakauheni mengimbau, kepada masyarakat agar tetap menjaga ketertiban berlalu lintas, sehingga perjalanan mudik dapat dilakukan dengan nyaman dan aman.

“Dari hasil pemantauan, sampai saat ini perjalanan mudik masyarakat berjalan sangat kondusif, yang ditunjang oleh kesiapan aparat dan pelayanan,” ujar Menko PMK, dilansir dari setkab.go.id.

Menko PMK mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pos pelayanan yang disiapkan Pemerintah apabila membutuhkan bantuan. Ditambahkannya, bahwa kehadirannya bersama-sama rombongan sejak kemarin meninjau langsung jalur mudik, dari Jawa Timur hingga ke Bakauheni, Lampung adalah untuk memastikan seluruh layanan yang terkait mudik lebaran berjalan dengan baik, sekaligus menunjukkan komitmen pemerintah bahwa negara dan pemerintah hadir untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Pemerintah siap memberikan pelayanan yang optimal. Harapan kita semua, agar mudik dapat berjalan aman, lancar, dan nyaman,” tandas Menko PMK.(ded)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.