Banner sumsel

Guru Honorer Berharap, Janji Bupati Jangan Cuma Janji

BATURAJA,koranindonesia. Id – Para guru honorer di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat dapat merealisasikan janji Bupati H Kuryana Azis yang memberikan tambahan penghasilan bagi guru honorer.

Seperti halnya, Aprilia (25), salah satu guru honorer Sekolah Dasar (SD) di OKU yang menyambut antusias ungkapan Bupati OKU itu.

”Alhamdulilah dengan begitu berarti kami sebagai tenaga pengajar honorer diperhatikan. Harapan kami semoga Pemkab OKU terus memberikan perhatiannya kepada kami, kalau bisa segera ada pengangkatan untuk tenaga honorer yang sudah lama mengabdi, karena dengan pendapatan gaji yang minim mana mungkin bisa membuat sejahtera,” ucap Aprilia.

Hal senada juga di ungkapkan Yulianti SPd (30), guru honorer dari SMPN 01 Baturaja. Dirinya sangat mengapresiasi apa yang direncanakan oleh Bupati itu.

Ia berharap ungkapan tersebut tidak hanya retorika tapi dapat dilaksanakan pada prakteknya. Sehingga mereka kedepan tidak banyak menuntut.

“Karena kami tau juga bagaimana kapasitas Negara. Yang kami inginkan hanya ada keseimbangan antara guru honor yang belum memilik nasib dengan orang-orang yang sudah menjadi PNS,” terang Yulianti.

Selain itu, sambung dia, mereka juga berharap kalaupun akan ada anggaran yang dianggarkan untuk guru honor, diminta dikaji, terutama pada sistem jam mengajar.

Karena diakui dia, tidak mungkin mereka (guru honorer) bisa mengajar 24 jam bersaing dengan guru PNS yang syarat sertifikasinya harus 24 jam juga.

“Jadi artinya ketika kebijakan untuk mendapatkan insentif itu dikeluarkan dengan syarat 24 jam mengajar, maka otomatis secara tidak langsung kami pasti tidak dapat menikmati itu. Karena kami cuma guru honor dan pasti mengalah dengan guru PNS, akan lebih baik jika nantinya syarat itu diganti dengan kinerja atau profesionalisme tentang keseriusan kami mengajar,” tutup Yulianti yang mengaku sudah menjadi guru honorer sejak tahun 2007.

Sebelumnya, pada acara puncak Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke 73 di gedung serbaguna Islamic Center Baturaja kemarin, Bupati H Kuryana memerintahkan Sekda OKU untuk mengkaji bersama anggota DPRD OKU untuk menaikkan gaji para guru honorer.

“Dari pemerintah pusat kan ada dana BOS, coba sisihkan dana dari APBD OKU untuk tambahan gaji honorer,” kata Kuryana saat memberikan sambutannya. Bahkan Kuryana mengatakan untuk mengesampingkan terlebih dahulu pembangunan di OKU.

“Utamakan dulu guru honorer, bila perlu kesampingkan dulu pembangunan karena dirasa lebih penting kesejahteraan guru honorer,” kata Kuryana. (Tin)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.