Banner sumsel

Gunakan HP Saat Berkendaraan Siap-siap Ditilang

JAKARTA,koranindonesia.Id-Berhati-hatilah (HP), melawan arus, dan berboncengan lebih satu orang, akan ditilang kepolisian dalam Operasi Zebra digelar serentak di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Wakapolda Metro Jaya Brigadir Jenderal Wahyu Hadiningrat. Dikatakannya, ada lima tujuan Operasi Zebra yang digelar, yakni meningkatkan disiplin masyarakat berlalu lintas di jalan raya, meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

“Kami akan menindak pelanggaran lalu lintas di jalan raya, tujuannya untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada polisi dan mewujudkan situasi Kamseltibcarlantas menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru  nanti,” ungkapnya kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (30/10/2018).

Untuk sasaran penindakan, kata Wahyu, pengemudi yang menggunakan handphone, pengendara melawan arus, sepeda motor berboncengan lebih dari satu, pengemudi di bawah umur, pengemudi dan yang berboncengan tidak menggunakan helm SNI serta pengemudi yang memakai narkoba.

“Operasi Zebra akan dimulai pada hari ini hingga 12 November mendatang. Selama itu pun ribuan personel akan dilibatkan,” terangnya.

Wahyu menjelaskan pada operasi Zebra pada tahun 2017 didapat data kecelakaan yang mengalami penurunan hingga 41 persen jika dibandingkan dengan tahun 2016. Tahun 2017 terdapat 2.097 kejadian sedangkan 2016 terdapat 2.960 kejadian.

Sementara jumlah korban meninggal akibat kecelakaan pun didapati sebanyak 388 jiwa dibandingkan tahun 2016 sebanyak 649 jiwa. (Erw)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.