Gubernur Tetapkan Wisma Atlet Jadi ODP Center

PALEMBANG, koranindonesia.id – Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 atau Corona yang kian masif, Gubernur Sumsel H.Herman Deru menetapkan Wisma Atlet Jakabaring menjadi ODP Covid-19 Center. Menurut Gubernur, penetapan itu sangat beralasan karena banyaknya jumlah ruang yang tersedia di wisma tersebut.

” Saya sudah langsung meminta Forkompimda mengarahkan semuanya ke wisma atlet guna mempersiapkan segera mungkin pengoperasiannya menjadi ODP center,” kata Gubernur di sela mengecek Posko Sumsel Tanggap Covid-19, Jumat (27/3) siang.

Di wisma atlet itu kata Herman Deru daya tampung yang ada diperkirakan mencapai lebih dari 1000 kamar. Ruang tersebut dapat digunakan untuk menerima ODP ataupun masyarakat lainnya yang punya keluhan terkait Covid-19. Hal ini tak lain untu mengantisipasi jika RS rujukan yang ada tidak mampu menampung ODP yang meningkat.

” Sambil merujuk, disitu nanti kita siapkan juga kamar untuk PDP. Jadi semuanya nanti di sana,” kata Gubernur.

Namun untuk mendapatkan fasilitas di wisma atlet itu nanti lanjut HD, ada 3 macam kriteria yang ditentukan oleh staf medis. Apakah mereka yang datang itu memang betul memerlukan self isolasi, atau isolasi khusus dari tenaga medis.

” Soal teknis itu nanti tenaga medis yang menentukan” jelasnya.

Untuk memenuhi kebutuhan tenaga medisnya, HD berencana melibatkan tenaga-tenaga media dari kabupaten-kota se Sumsel. ” Semaksimal mungkin, bila perlu akan kita tarik dari daerah-daerah,” tandasnya.

Sebelumnya diketahui, saat ini Pemprov Sumsel telah menyiapkan 60 ruang isolasi di berbagai rumah sakit di Palembang. Dimana 24 diantaranya berada di RSMH, sementara sisanya berada di RS Siti Fatimah, RS Ernaldi Bahar, RS Paru, RS Gigi dan Mulut, dan RS Mata. Tidak hanya itu, rumah sakit milik Pemkot, Kabupaten, TNI, Polri hingga swasta juga akan dipersiapkan. (Ril)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.