Gubernur Kepri Serahkan Sertifikat Tanah Gratis di Karimun

KEPRI,,koranindonesia.id-Bupati Karimun DR. H. Aunur Rafiq, S.Sos,. M.Si menghadiri penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat oleh Gubernur Kepri, DR. H.Nurdin Basirun. S.Sos,M.Si. Kegiatan dilaksanakan dikediaman rumah dinas Bupati Karimun, Kelurahan Tanjung Balai Kecamatan Karimun, Jumat (12/4/2019) kemarin.

Acara penyerahan serifikat dihadiri Wakil Gubernur Kepri Isdianto, Anggota DPR RI Dwi Ria Latifah, Sekprov Kepri, Forkopimda Karimun dan seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau , serta warga para penerima sertifikat.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan, program Pendaftaran Tanah Sistim Lengkap atau PTSL dari Kementerian Pertanahan Nasional merupakan suatu program dari pemerintah pusat yang sudah dilaksanakan di Indonesia khususnya Provinsi Kepulauan Riau dengan target tahun 2022 semua wilayah.

Menurut Nurdin, program PTSL menjadi suatu kebanggaan bagi kita, karena nantinya tidak ada lagi sengketa-sengketa tanah, karena kepemilikan tanah sudah terdata dengan lengkap. Apalagi sengketa batas wilayah pasti sudah tidak ada lagi, karena sudah terdata dengan baik titik koordinatnya, sehingga masyarakat betul-betul merasakan manfaat dari aset yang dimiliki.

“Ini bukti nyata dari pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Perhatiannya secara langsung bagi masyarakat dari Sabang sampai Meraoke,” kata Nurdin dalam sambutannya.

Tentunya hal-hal seperti ini kata Nurdin Basirun, perlu diberikan suport penuh.“Saya mengajak kepada pemerintah kabupaten/kota mari kita bersama-sama agar program ini bisa terselesaikan di tahun 2022,”ajak Nurdin .

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Kepri Asnawati mengatakan, sertifikat tanah yang diserahkan secara simbolis itu sebanyak 2.266 penerima. Dengan rincian Kecamatan Karimun 520 orang, Kecamatan Tebing 132, Kecamatan Meral 887, Kecamatan Metal Barat 719 orang.

Total sertifikat tanah gratis yang dibagikan secara simbolis di Kabupaten Karimun tahun 2019 sebanyak 8.380 orang,

Asnawati kembali menjelaskan, tahun 2018 Kabupaten Karimun mendapat target peta bidang tanah sebanyak 15.000 bidang. Target sertifikat hak atas tanah program PTSL sebanyak 13.200 bidang dengan realisasi 87,80 persen.

Pada 2019 ini target PTSL di Kabupaten Karimun pelaksanaan pengukuran sebanyak 25.000 bidang, Dengan rincian yang dikerjakan ASN sejumlah 15.000 dan pihak ketiga 10.000,serta sertifikat hak atas tanah sebanyak 20.000 bidang.

Target kita di bulan April ini, dapat mencapai 30 persen, Sampai saat ini realisasi pengukuran sudah mencapai 23,63 persen, katanya

Asnawati juga menyampaikan, selain PTSL program strategis pemerintah lainnya di Kabupaten Karimun yaitu, sertifikasi tanah barang milik negara sebanyak 5 bidang, retribusi tanah sebanyak 2.500 bidang,jelasnya

Sementara itu, Bupati Karimun, Aunur Rafiq menyebutkan, sertifikat tanah gratis ini sudah sangat ditunggu- tunggu masyarakat.
(rel)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.