Banner sumsel

Gubernur Deru  Ajak Warga Muaraenim All Out Dorong Sektor Pertanian

Bagikan Sertifikat Gratis dan Alat Pertanian

MUARAENIM,koranindonesia.id—Sedikitnya 200 sertifikat gratis dibagikan oleh  Gubernur Sumsel Herman Deru (HD) kepada masyarakat Kabupaten Muaraenim,  di Gedung Olah Raga (GOR)  Muaraenim Kamis (22/11/2018). Selain sertifikat, gebernur juga membagikan  bantuan alat-alat pertanian untuk warga Muaraenim.

Menurut HD biasa dia di sapa,  pembagian sertifikat gratis ini merupakan tindaklanjut program Presiden Jokowi, yaitu  se Indonesia ditarget 500.000 bidang tanah. Dari jumlah tersebut Sumsel kebagian jatah target 175.000 bidang.

“Untuk Muaraenim targetnya sebanyak 12.000 sertifikat, hari ini kita bagikam 200 menyambung yang sudah diberikan sebelumnya. Ini memang program pak Presiden,” jelas HD.

Selain sertifikat, pada kesempatan itu juga dibagikan sejumlah peralatan pertanian kepada Pemkab Muaraenim serta bantuan untuk penyandang disabilitas seperti, tractor, hand tractor, pompa, kursi roda dan tongkat.

Dikatakan HD, dirinya sengaja menggelontorkan ratusan peralatan pertanian ini bertujuan mengalihkan konsentrasi kabupaten ke bidang pertanian bukan yang lain. Mengingat Muaraenim merupakan salah satu kabupaten andalan di bidang pertanian  dan energi melimpah.

“Bukan kita tidak mau fokus di bidang lain. Tapi pertanian ini penting terutama untuk menurunkan angka kemiskinan yang angkanya 13 persen di Muaraenim saat ini. Dengan alat ini ayo kita all out lancar proses pertanian di Sumsel demi terwujudnya kedaulatan pangan,” jelasnya.

Meski pengembangan akan lebih difokus ke bidang pertanian, namun HD tak menampik kalau bidang energi juga tak kalah penting untuk dikembangkan, terutama energi yang berpihak pada kepentingan rakyat.

“Muaraenim ini hebat, SDA nya ada dan yang lebih banyak lagi adalah energi, gas, minyak juga alam yang subur. Saya kenal betul kabupaten ini sejak tahun 1985. Harusnya masyarakatnya bangga” jelasnya.

Sebagai kepala daerah, HD juga tak mau kalah untuk andil mendukung pembangunan Muaraenim yang  hari ini genap berusia  72 tahun. Hal itu ditunjukkannya dengan mengakomodir sejumlah keinginan masyarakat.  Baik itu yang melalui kebijakan langsung melalui gubernur, vertikal atau kebijakan yang khusus diajukan ke Presiden.

Diakui HD, kontribusi Muaraenim selama ini pada provinsi termasuk dalam kategori yang sangat baik misalnya sumbangsih pajak kendaraan bermotor.

“Hanya saja di beberapa titik jalannya masih ada yang rusak. Makanya di hari jadinya yang membahagiakan ini saya janji akan melunasi hutang provinsi. Tahun depan saya bayar lunas begitu juga kabupaten lainnya. Tolong gunakan uang itu bagi infrastrutur yang ada di Muaraenim,” pintanya.

Selama 10 tahun terakhir perlambatan ekonomi dikatakannya terjadi di Muaraenim. Salah satu faktor penyebabnya adalah kondisi jalan yang macet parah akibat truk batubara.

“Alhamdulillah sekarang sudah lancar. Semua anggota DPRD Muaraenim mendukung, hanya segelintir saja yang keberatan karena usahanya terganggu. Tapi jagan khawatir, aturan itu akan dibuat permanen, karena saya malu dengan orang Muaraenim kalau sampai jalan itu terbuka lagi,” bebernya.

Sementara itu Bupati Muaraenim Ahmad Yani menyambut baik bantuan dari pemprov dan untuk mewujudkan kedaulatan pangan Sumsel, pihaknya akan mendorong  tercapainya produksi pangan. “Karena itu dengan bantuan yang digelontorkan gubernur ini diharapkan akan meningkatkan sektor pertanian di Muaraenim,”ujar mantan anggota DPRD Provinsi Sumsel ini. (ard/ril)

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.