Banner sumsel

Girl Pun Harus Tau, Cara Perawatan Dasar Sepeda Motor

PALEMBANG, Koranindonesia.id — Sepeda motor merupakan salah satu teman setia yang bakal menemani ke mana saja tiap harinya. Tak ayal banyak yang menganggap sepeda motor sudah seperti pacar sendiri. Nah apalagi wanita yang sering bepergian sendiri menggunakan sepeda motor, kalian juga perlu tahu perawatan-perawatan dasar untuk menjaga performa kendaraan tetap prima. Karena merawat kendaraan bukan cuma tugas cowok atau tukang bengkel lho! Biar kalian makin mandiri, yuk simak cara perawatan dasar ini sebagai berikut yang dilansir dari laman moladin.com:

1. Ganti Oli

Oli itu penting sekali buat kelangsungan hidup motor kalian, sob. Selain berfungsi sebagai pelumas, oli berfungsi mengurangi gesekan antar komponen dalam mesin, mendinginkan mesin motor, peredam getaran mesin dan suara bising yang ditimbulkan, anti karat bagi komponen mesin, serta pengendali kotoran mesin.

Kalau kalian telat ganti oli, biasanya volume oli dalam mesin akan berkurang banyak dan kondisinya kental serta hitam pekat. Akibatnya mesin kalian kotor dan tidak memiliki pendingin sehingga cepat panas dan tarikan mesin pun jadi berat. Jangan sampai terjadi ya,gals. Oleh karena itu, baiknya kalian mengganti oli sebulan sekali.

Buat kalian yang sibuk bekerja, daripada hari Sabtu – Minggu sendiri saja di kamar kos dan tidak punya teman jalan-jalan, lebih baik kalian pergunakan waktunya untuk ke bengkel dan mengganti oli. Siapa tahu kalian ketemu gebetan di sana. Cek bengkel mana saja yang buka di hari minggu dengan fitur bengkel dari Moladin ya.

 

2. Cek Kampas Rem Secara Berkala

Bisa bayangin tidak,gals, saat seru-serunya kalian nyelip sana sini di jalan raya, eh rem kalian gak berfungsi. Akibatnya pasti fatal deh, bisa jadi kalian mengalami tabrakan. Cewek canggih seperti kalian pasti tidak mau mengalami hal ini kan. Oleh karena itu, kalian harus sering mengecek kondisi kampas rem,gals, sebab rem adalah salah satu komponen paling vital dari motor kalian.

Sebenarnya kalian bisa dengan mudah mengetahui apakah kampas rem perlu diganti atau tidak. Perawatan motor agar awet yang pertama, perhatikan bunyi motor saat kalian melakukan pengereman. Apabila terdengar bunyi benda yang saling bergesekan saat kalian melakukan pengereman, itu tandanya kalian harus segera mengganti kampas rem. Tanda yang kedua adalah apabila tarikan tuas rem terasa lebih dalam dan secara kasat mata terlihat kampas rem sudah tipis, ada baiknya kalian segera pergi ke bengkel untuk mengganti kampas rem kalian,gals.

Untuk tahu harga kampas rem di pasaran, cek di fitur Moladin bagian sparepart ya,gals. Informasi harga sparepart bikin kamu anti dikibuli oleh tukang bengkel. Kantong aman, hati pun terasa damai karena kalian bisa nyelap nyelip lagi di jalanan tanpa rasa khawatir.

3. Cek Rantai Motor Secara Berkala

Biasanya memang banyak pengendara motor yang tidak sadar rantai motornya bermasalah. Hal ini dikarenakan letak rantai motor yang cukup tersembunyi. Pengendara motor biasanya baru sadar rantainya bermasalah saat roda motor tidak mau bergerak.

Rantai motor yang putus atau lepas dari porosnya cukup berbahaya lho,gals. Bayangkan kalau kalian lagi asyik-ayik melaju dengan kecepatan tinggi dan mendadak rantai lepas atau putus, motor akan berhenti mendadak dan kalian bisa terpelanting jauh. Serem kan. Apalagi cewek, kalau kulit kalian sampai baret gara-gara jatuh dari motor, bisa butuh waktu yang lumayan lama supaya bisa mulus lagi. Dan jangan lupa ongkos ke klinik kecantikannya juga mahal.

Nah, untuk menghindari hal ini, sering-seringlah mengecek kondisi rantai motor kalian,gals. Kalian bisa menyatukan rutinitas cek rantai motor dengan waktu pergantian oli supaya lebih hemat biaya. Pengecekan rantai motor ini prosesnya lebih cepat daripada prose pergantian oli lho. Menghindari malapetaka lebih baik daripada menyembuhkan bukan.

 

4. Pastikan Karburator Selalu Bersih

Pernah mengalami mesin motor tidak mau menyala sehabis hujan kah,gals? Nah, hal pertama yang harus kalian lakukan dalam kondisi tersebut adalah memeriksa kondisi busi. Apabila busi motor kalian dalam keadaaan baik-baik saja, selanjutnya yang harus kalian cek adalah karburator.

Karburator ini singkatnya dikenal sebagai komponen untuk menampuang sekaligus menyalurkan bahan bakar. Ada dua katup pada karburator, satu katup dipakai untuk jalan masuknya bahan bakar dan katup  satu lagi dipakai untuk sirkulasi angin.

Apabila karburator kalian dalam keadaan kotor, tidak heran kalau mesin kalian tidak bisa dihidupkan. Karburator yang kotor menghalangi distribusi bahan bakar, serta sirkulasi angin yang dibutuhkan oleh mesin motor. Hal ini mengakibatkan mesin motor jadi tersendat-sendat atau bahkan tidak mau hidup. Segera bawa motor kalian ke bengkel untuk melakukan pembersihan secara menyeluruh.

Meskipun anda tidak bisa melakukan perawatan itu sendiri dan tetap membutuhkan bantuan cowok, minimal anda paham hal-hal dasar yang perlu dirawat dari kendaraanmu. Semoga bermnafaat (nnn)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.