Banner sumsel

Gedung Sekretariat IBI Mura Diresmikan

MUSIRAWAS,koranindonesia.id-Pengurus Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Musi Rawas patut berbangga, pasalnya, Rabu (21/3/2018) organisasi profesi ini telah memiliki gedung sekretariat berlokasi di komplek Perkantoran Pemkab Musi Rawas, Muara Beliti dan telah diresmikan Bupati Musi Rawas, diwakili Sekertaris Dinkes Musi Rawas, H M Nizar, SKM, MM.

Ketua IBI Musi Rawas yang juga Wakil Bupati Musi Rawas,Hj Suwarti diwakili Ketua I IBI Musi Rawas, Emilia dalam laporannya menjelaskan bedirinya gedung sekretariat yang baru ini bertujuan untuk mengektifkan koordinasi dan memaksimalkan pelaksanaan program pembangunan kesehatan ibu dan anak di Kabupaten Musi Rawas serta meningkatkan kenerja bidan di Musi Rawas yang saat ini berjumlah 528 orang terdiri 234 berstatus PNS dan 284 Tenaga Kerja Sukarela (TKS).

Dijelaskannya, ada beberapa kegiatan yang telah dilakukan pada tahun 2017 lalu diantaranya melakukan pembinaan kepada 19 ranting IBI di wilayah Kabupaten Musi Rawas, mengadakan penyuluhan kesehatan reproduksi pada remaja yang dipusatkan di SMAN  2 Muara Beliti, MAN Al Muhajirin Tugumulyo, SMAN Muara Kelingi dan SMAN Muara Lakitan.

Selanjutnya melaksanakan Word Shope Ante Natal Care (ANC) berkualitas selama lima hari di BLK Muara Beliti diikuti seluruh anggota IBI Musi Rawas. Pada tahun yang sama melakukan Bhakti Sosial IBI ke Panti Jompo Mataram Kecamatan Tugumulyo, Pelayanan KB, pemasangan implant, pemeriksaan IVA dan pengobatan gratis di seluruh ranting.

Ditambahkan Emilia, IBI Kabupaten Musi Rawas juga telah menggelar dua kali seminar dengan tema peningkatan kompetensi bidan dalam pelayanan kepada ibu dan anak, kemudian pemeriksaan IVA serentak di seluruh Indonesia yang dilakukan oleh anggota IBI disetiap ranting dan mendapatkan rekor MURI. Terakhir  yaitu pelatihan MU bagi bidan yang sudah hampir habis surat tanda registrasi bidan.

Sekretariat IBI ini, lanjut Emilia digunakan sebagai pusat perencanaan, pematangan, evaluasi serta sebagai tempat untuk merumuskan langkah langkah strategis, sistematis, konprehensif dari pelaksanaan program kerja yang telah disusun. Selain itu, sekretariat ini diharapkan dapat menjalani koordinasi antar sesama anggota agar dapat menjalankan tugas dan fungsi organisasi dengan seutuhnya.

Emilia mengakhiri,  IBI mempunyai peran penting dalam mendukung pemerintah meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan anak.

Sementara Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan diwakili Sekertaris Dinkes Mura, H M Nizar, SKM, MM mengatakan, bidan adalah salah satu profesi mulia. Untuk itu dia mengapresiasi adanya sekretariat IBI ini sehingga dapat meningkatkan kebersamaan untuk dapat berkembang dengan lebih baik. Untuk itu, dirinya mengharapkan kepada seluruh bidan untuk daapat memberikan pelayanan prima kepada ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas, balita remaja serta kesehatan reproduksi..

Dikatakannya, IBI bersama lembaganya diharapkan dapat turun untuk mengawal implementasi standar profesi dan menjamin bahwa bidan berkompeten dapat memberikan pelayanan kebidanan bagi masyarakat sesuai dengan kode etik. Selain itu, dirinya berharap gedung sekretariat IBI ini, agar dapat dipergunakan untuk menunjang kegiatan kegiatan keorganisasian dan profesi bidan.

Peresmian gedung Sekretariat IBI Musi Rawas ini ditandai dengan penguntingan pita dan Pelepasan ratusan balon oleh Bupati Musi Rawas diwakili Sekertaris Dinkes Mura, H M Nizar, SKM didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, H Burlian, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Ahmadi Zulkarnain, Kabid Aset DPKAD, H Komarudin, KPUT Puskesmas se Musi Rawas, Pimpinan Pengurus Ranting IBI Musi Rawas serta utusan Organisasi Perangkat Daerah lainnya. (shandi april)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.