Banner Muba 23 – 31 Juli 2021
banner Pemprov Juni

Gawat..!! Dalam Tiga Hari Penambahan Kasus Positif Covid-19 Lebih 4.000 Orang

JAKARTA, koranindonesia.id – Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan kasus penambahan positif di Indonesia sudah mencapai lebih dari 5.000 kasus selama 3 hari bahkan tidak pernah berada di bawah 4.000 selama seminggu terakhir.

Wiku Adisasmito pun mengingatkan kepada publik bahwa bertambahnya kasus positif di Indonesia ini merupakan alarm dan masyarakat maupun pemerintah derah harus serius dalam menyikapinya.

“Ini menjadi alarm bagi kita semua. Kasus positif ini dapat terus bertambah apabila tidak ada langkah serius dari masyarakat maupun pemerintah daerah untuk mencegah penularan,” kata Wiku Adisasmito di akun Youtube Sekretariat Presiden yang dikutip Jumat (27/11/2020).

Lebih lanjut, Ia menyampaikan perkembangan kasus harian Covid-19 per 26 November 2020, dimana terjadi penambahan kasus sebesar 4.917 kasus.
“Dimana jumlah kasus aktif adalah 66.752 atau 12,9 persen. Dimana kasus aktif dunia adalah 28,43 persen,” kata dia.

Sedangkan jumlah kasus sembuh adalah 433.649 atau 83,9 persen, masih lebih tinggi dibandingkan kasus sembuh dunia sebesar 69,2 persen.
“Sedangkan jumlah kasus meninggal adalah 16.352 atau 3,2 persen, dimana kasus meninggal dunia adalah 2,35 persen,” ucap Wiku Adisasmito.
Menurutnya, penambahan kasus positif yang sangat tinggi ini terjadi karena masih adanya penularan yang terjadi di masyarakat.

Oleh karena itu, dirinya meminta kepada masyarakat untuk disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan 3M di setiap aktivitas yang dilakukan.
“Jangan sampai lengah, sehingga kita dapat tertular Covid -19. Ingat kedisiplinan terhadap protokol kesehatan akan melindungi diri kita dan orang-orang terdekat dari penularan Covid-19,” ujar dia.

Ia juga meminta Satgas Covid-19 di daerah agar tidak ragu untuk segera melakukan penindakan kepada masyarakat yang masih mengabaikan protokol kesehatan.
“Lakukan penindakan sesuai dengan peraturan yang berlaku tanpa pandang bulu,” kata Wiku Adisasmito.

Selain itu, Satgas terus memantau perkembangan kasus Covid-19 di 13 provinsi prioritas. Beberapa provinsi dari 13 provinsi prioritas ini mengalami kenaikan kasus tertinggi.
Dimana provinsi yang mengalami penurunan kasus Covid-19 tertinggi adalah Papua dengan penurunan sebesar 73,8 persen dan jika dilihat pada provinsi yang mengalami kenaikan, maka Riau mengalami kenaikan tertinggi yaitu sebesar 139,4 persen.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.