Banner sumsel

Gagas Bekas Galian Tambang Jadi Objek Wisata di OKU

BATURAJA, koranindonesia.id – PT Semen Baturaja (PT SB) berencana akan menjadikan bekas galian tambang sebagai objek wisata di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Hal itu diungkapkan Direktur Utama (Dirut) PT SB Jobi Triananda Hasjim, dalam pidato sambutannya, pada acara ramah tamah perayaan HUT PT SB ke 44 di Aula Wisma Ganesha, Rabu (14/11/2018).

Dikatakan Jobi, hal itu terlintas dibenak mereka, ketika melihat bekas galian tambang yang berisi air bisa jadi peluang untuk meningkatkan objek pariwisata di Bumi Sebimbing Sekundang.

“Bekas tambang berbentuk danau, itu bisa jadi tempat pariwisata. Ini juga langkah kami bagaimana mendukung pemerintah setempat agar sektor pariwisata di daerah ini bertumbuh,” terang Jobi.

Selain itu, diungkapkan Jobi, pihaknya juga akan berupaya habis-habisan, agar PT SB ini dapat menjadi kebanggaan. Tak hanya bagi warga OKU dan Sumatra Selatan (Sumsel) saja, tapi bagi segenap bangsa Indonesia pada umumnya.

Selain memperluas daerah pemasaran yang tentu membawa nama Baturaja, pihaknya juga ingin menggali informasi mengenai apa arti Baturaja.

“Saya baru menjabat, mungkin disini belum banyak tahu arti Baturaja.  Tadi saya dapat bocoran, jika Baturaja itu identik dengan kekayaan batu alam serta cerita legenda, nah ini rencananya akan kami angkat.  Sehingga kami bisa memperkenalkan ke luar bukan hanya semennya,” papar Jodi pula.

Lebih jauh dikatakanya, jika melihat cadangan sumber bahan baku berupa batu kapur dan clay (tanah liat), keberadaan PT SB diharapkan masih bisa bertahan sekitar 200 tahun lagi di Kabupaten OKU. “200 tahun lagi PT SB masih ada, itu harapan kami,” beber Jobi.

Sementara itu di kesempatan yang sama, Bupati OKU Drs Kuryana Azis mengapresiasi, keberadaan PT SB, yang menurutnya, selama ini sudah banyak berkontribusi untuk OKU. Oleh karenanya, kedepan pihaknya akan selalu bersinergi untuk men-support keberadaan PT SB, yang jadi kebanggaan masyarakat OKU ini.

“Jadi rencana pengembangan pariwisata tadi kami sangat setuju. Kami siap bantu dan akan menunggu realisasinya,” pungkasnya.

(tin)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.