Banner sumsel

Feby Latih Puluhan Kader PKK Sumsel Teknik Ecoprint

Tingkatkan Keterampilan Kader PKK Sumsel

PALEMBANG, koranindonesia.id – Guna meningkatkan ketrampilan dan kemajuan bagi para kader PKK kabupaten/kota se- Sumsel, Tim Penggerak (TP) PKK Sumsel menggelar Pelatihan Pewarna Alami Ecoprint, Memperbanyak Tanaman Keras Dengan Cara Vegetatif dan Pembuatan Minyak Urut Dengan Pemanfaatan Hatinya PKK di villa Gandus, kediaman pribadi Ketua TP PKK Sumsel Feby Deru, Kamis (10/10) siang.

Pelatihan tersebut diikuti dengan antusias dan penuh semangat oleh para ibu kader PKK kabupaten/kota se-Sumsel, yang selain belajar secara teori juga langsung mempraktekkan proses pemberian warna alami pada kain yang dimentori oleh Galeri Wong Kito.

Ketua TP PKK Sumsel Feby Deru didampingi Wakil Ketua 1 TP PKK Sumsel Fauziah Mawardi Yahya, mengatakan pelatihan ini diberikan untuk meningkatkan kemampuan bagi para kader PKK se-Sumsel. “Pelatihan ini cukup mudah dipahami dan bisa dipraktekkan oleh para ibu. Proses pemberian warna alami ini bahan-bahannya dapat dengan mudah diperoleh di lingkungan tempat tinggal kita”, tuturnya.

Menurutnya melalui pelatihan ini nantinya para kader PKK dapat menambah penghasilan keluarga. “Dengan ketrampilan memberi warna alami, ibu-ibu dapat memanfaatkan ilmu yang diperoleh ini untuk pemasukan keluarga. Bahan-bahan pewarnaan alami dengan motif tumbuh-tumbuhan ini dapat dengan mudah di dapat. Diharapkan nantinya dapat memberdayakan perekonomian bagi keluarga dan masyarakat”, jelas mantan Ketua TP PKK Oku Timur dua periode itu.

Sementara pemateri pelatihan pewarna alami eco print, Anggi dari Galeri Wong Kito mengungkapkan dirinya merasa bangga dapat berbagi ilmu kepada para kader PKK se-Sumsel. “Alhamdulillah dapat berbagi ilmu dengan para ibu. Pelatihan pewarna alami eco print yang kami berikan ini levelnya sudah level menengah, yaitu pewarnaan alami dengan teknik steam. Memanfaatkan beraneka tanaman yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal”, katanya.

Pelatihan pewarna alami eco print yang dipraktekkan para kader PKK yang dibagi dalam kelompok-kelompok kecil dimulai dari proses pemberian warna, kemudian menata motif daun di atas kain, melipat kain, dan mengukus kain yang telah bermotif selama 2 jam. Para kader PKK juga memperoleh materi teknik membuat komposisi warna pada kain.

Setelah menerima materi pelatihan pewarna alami eco print, selanjutnya para kader PKK mengikuti pelatihan memperbanyak tanaman keras dengan cara vegetatif yang disampaikan oleh salah seorang dosen Unsri. (Rel)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.