Februari, Pemkot Berikan Vaksinasi Hewan Gratis

PALEMBANG,koransumatera.com – Kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kota Palembang, Sayuti mengatakan, mulai  1 Februari pihaknya berkolaborasi dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) serta Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Sumsel menyusuri beberapa wilayah di Kota Palembang yang tertinggi laporan gigitan hewan yang terindikasi rabies. Hal ini berdasarkan surat edaran Walikota Palembang untuk menindaklanjuti dan pencegahan adanya gigitan hewan rabies.

Yang mana nantinya setiap hewan peliharaan maupun hewan liar yang ada di Kota Palembang akan di berikan vaksinasi gratis.

“Pelayanan vaksin gratis dan strerilasi bersubsidi ini atas edaran walikota untuk mencegah beredarnya gangguan hewan rabies menjelang Asian Games,” ujarnya saat dibincangi melalui ponselnya, Selasa (6/2/2018).

Terutama di wilayah Jakabaring, lanjutnya, di mana di sana akan menjadi lokasi perhelatan Asian Games dan tempat para atlet diinapkan. Sehingga situasi di sana harus disterilkan dari gangguan hewan rabies agar tidak menggigit atlet dan warga.

“Laporan tertinggi saat ini ada di wilayah Kecamatan Jakabaring, Ilir Barat (IB) 1 dan Kecamatan Sukarami. Sementara tahun lalu kami telah menyelesaikan pemberian vaksin diempat kecamatan lainnya. Dan akan kita selesaikan sebelum Agustus,” tegasnya.

Senada, salah satu dokter hewan yang bertugas memberikan vaksin yakni Doktor drh Jafrizal menambahkan, sejak tanggal 1 Februari hingga 29 Maret ini pihaknya akan memfokuskan diri melakukan penyusuran dan penyuntikan hewan liar dan peliharaan di wilayah Jakabaring.

“Ada sembilan orang dokter yang menyusuri wilayah ini. Kami imbau agar warga tidak membiarkan hewan peliharaanya seperti anjing, kucing dan kera berkeliaran di tempat umum. Sebab berdasarkan edarannya, hewan liar yang berpotensi menggigit warga dan terindikasi rabies akan dibius total,” terangnya.

Selain itu, ia menjelaskan, pada tanggal 18 Februari nanti pihaknya akan melakukan pemberian vaksin dan perawatan terhadap hewan peliharaan secara gratis di Opi Mall dengan melibatkan 30 an dokter hewan.

“Sebaiknya itu minimal enam bulan sekali hewan diberi vaksin. Bukan hanya untuk keselamatan pemilik atau orang lain saja, melainkan demi kesehatan hewan tersebut pula,” pungkasnyanya.

Reporter : ria

Editor : elan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.