Banner sumsel

Fahri Hamzah Nilai Jokowi Sudah Berubah Jadi Sosok Gampang Marah

JAKARTA, koranindonesia.Id – Sosok Presiden Jokowi saat ini dinilai berbeda dengan sosok Jokowi sebelumnya. Saat ini Jokowi terlihat tidak serileks dulu dan semakin gampang marah.

“Saya melihat Pak Jokowi agak emosional belakangan ini dan saya tidak tahu alasannya. Tetapi sebagai pembaca gesture, Pak Jokowi tidak serileks dulu,” kata Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (27/11/2018).

Menurur Fahri, sebenarnya dirinya sudah pernah mengingatkan Jokowi agar tak terlalu gampang mendapat pujian dari orang-orang di sekitar. “Justru Jokowi harus mencintai orang yang kritis, yang suka berpendapat beda, orang yang ngomong pahit tapi menyampaikan kebenaran,” ujar Fahri.

Daripada orang yang bermanis-manis tapi semuanya isinya bohong. Di ujung-ujung jadi masalah. “Banyak sekali yang saya lihat itu tidak diselesaikan. Misalnya persoalan dengan kelompok Islam ya. Sampai persoalan Ketua PP Muhammadiyah saudara Dahnil,” kata Fahri.

Fahri menduga ada satu kelompok di sekitar Jokowi yang memiliki nasihat salah tentang Islam. Sebab, setiap hari Jokowi dijadikan corong menakuti masyarakat terhadap hal yang tak ada.

“Sehingga kemudian kemarahan itu munculnya dari Pak Jokowi. Padahal Pak Jokowi itu kalau dia tenang seperti dulu, rakyat akan melihat dia lebih tenang. Itu yang saya khawatir, ada perubahan yang saya enggak tahu sebabnya,” kata Fahri.

Ia meminta agar hati-hati pada yang berbicara manis. Apalagi kultur asal bapak senang. Karena lebih baik mendengar orang yang berkata pahit.

“Namanya juga dua pihak ya saling mancing-memancing lah. Enggak ada satu pihak memancing dan yang satu cuma jadi ikan kan nggak ada. Itu biasa. Cuma stamina dia untuk tidak marah itu kan bersumber dari fakta bahwa mungkin masih banyak yang berkata apa adanya,” kata Fahri.

Ia menduga lama-lama orang di sekitar Jokowi mungkin tak berkata apa adanya atau salah memberikan persepsi. Menurutnya, seharusnya Jokowi santai saja. Yang terpenting Jokowi bisa menjawab persoalan dengan jujur. “Sehingga Pak Jokowi kelihatan gusar dengan keadaan,” kata Fahri.(Mar)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.