Banner sumsel

Empat Tahun Buron, Rampok Bersenpi asal OKU Timur Ditembak Polisi

BATURAJA,koranindonesia.id – Sepandai-pandai tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Pepatah ini sangat pas menggambarkan sepak terjang Marlin alias Herlin (21) warga Desa Proyek, Kecamatan BP Bangsa Raja, Kabupaten OKU Timur.

Pasalnya, setelah sempat buron selama empat tahun, pelaku yang dikenal sebagai spesialis perampokan sadis itu, kini berhasil diciduk Satreskrim Polres OKU yang dipimpin AKP Alex Andryan.

Pelaku yang diduga terlibat aksi perampokan di kawasan Batu Kuning, Kecamatan Baturaja Timur, OKU, Sumatra Selatan (Sumsel), pada 2014 silam bersama keenam rekannya itu, ditangkap Minggu (4/11) sekitar pukul 15.00 WIB, kemarin, saat sedang beristirahat di rumah kerabatnya di Desa Bantan, Kabupaten OKU Timur, Sumsel.

Kapolres OKU AKBP NK Widayana Sulandari didampingi Kasat Reskrim AKP Alex Andriyan, Senin (5/11/2018) menjelaskan, adapun kronologis penangkapan, polisi mendapat informasi bahwa pelaku ada di Desa Bantan.

Berdasarkan informasi tersebut, anggota Resmob Polres OKU pun melakukan upaya penangkapan terhadap pelaku. Kemudian sekitar pukul 16.00 WIB, petugas yang berhasil meringkus tersangka, berniat membawa pelaku ke Mapolres OKU.

Namun, di tengah perjalanan kata Kasat, pelaku mencoba mengelabui petugas dan berusaha melarikan diri, sehingga polisi melakukan tembakan peringatan ke udara sebanyak tiga kali dengan harapan tersangka menyerah.

Sayangnya tembakan peringatan itu tidak diindahkan, sehingga petugas terpaksa melakukan tindakan tegas, terarah dan terukur dengan melumpuhkan pelaku menggunakan timah panas pada kaki bagian kanan dan kirinya.

AKP Alex menjelaskan, sebagai informasi bahwa pelaku melakukan aksi Curas berdasarkan laporan Polisi nomor : LP – B / 388 / XI / 2014 / Sumsel / Res OKU yang terjadi pada Sabtu, 1 November 2014 silam, sekitar pukul 23.30 WIB.

TKP Talang Aman Kampung I, Kelurahan Batu Kuning, Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten OKU, dengan korban atas nama Sukar bin Marsidi (50) petani yang beralamat di  Talang Aman, Kampung I, Kelurahan Batu Kuning, Kecamatan Baturaja Barat, OKU.

Kronologis kejadian, saat itu pelaku masuk ke dalam rumah korban melalui pintu depan dengan cara mendobrak pintu menggunakan linggis serta pelaku menembak dan menyandera serta melukai korbannya.

Lalu pelaku mengambil barang berharga milik korban. Atas kejadian tersebut korban mengalami luka bacok di bagian kepala dan kaki sebelah kiri patah akibat dipukul menggunakan benda tumpul.

“Pelaku ini melakukan aksinya bersama enam rekannya yang lain. Dimana, tiga orang rekan tersangka sudah menjalani hukuman. Sedangkan tiga lagi masih buron,” papar AKP Alex.

Saat disinggung kenapa beberapa pekan ini banyak pelaku kriminalitas beraksi di OKU? Kapolres menjelaskan, hal itu terjadi mengingat wilayah OKU luas, namun mudah dijangkau oleh pelaku khususnya yang berasal dari OKU Timur.

Kapolres menjelaskan, untuk mencegah hal tersebut pihaknya terus melakukan patroli setiap waktu. Mulai dari dini hari, malam dan siang hari. “Tertangkapnya beberapa tersangka ini, tidak lepas dari kesigapan dan kerja keras Kasat Reskrim,” tegasnya.

(tin)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.