Banner sumsel

Empat Ruas Tol Trans Sumatera Siap Dioperasikan Pertengahan 2019

JAKARTA,koranindonesia.Id-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan empat ruas Tol Trans Sumatera sudah siap  dioperasikan pada pertengahan 2019.

Empat ruas tol tersebut adalah Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) sepanjang 140,93 kilometer dan Medan-Binjai (segmen Helvetia-Veteran) sepanjang 2,75 kilometer. Selain itu, Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi 7 sepanjang 9,1 kilometer dan Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayuagung sepanjang 189,2 kilometer.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan empat ruas tol tersebut dalam waktu dekat ini secara bertahap akan diresmikan dan dioperasikan. Dua diantara yang akan dioperasikan tersebut sudah mengantongi sertifikat laik operasi.

“Yang sudah Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar dan Jalan Tol Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi Seksi 7. Sedangkan untuk Jalan Tol Medan – Binjai (Segmen Helvetia – Veteran) masih dalam proses penerbitan sertifikat laik operasi di Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR dan Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayuagung dalam proses penyelesaian konstruksi,” ungkapnya, saat dikutip dari website Kementerian PUPR, Senin (4/03/2019).
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono optimistis beroperasinya empat ruas tol tersebut, ruas utama Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 2.000 kilometer, akan bisa tersambung pada 2024 mendatang.

Diakuinya jika melihat capaian selama empat tahun terakhir, maka Tol Trans Sumatera dari Bakaheuni sampai Banda Aceh dengan panjang sekitar 2000 Km, akan tersambung secara bertahap hingga tahun 2024.

“Saya berharap kehadiran tol tersebut nantinya bisa memberikan alternatif bagi masyarakat di kawasan Sumatera. Ia juga berharap kehadiran tol tersebut nantinya bisa menurunkan biaya logistik,” tandasnya. (Erw)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.